Peluncuran Buku Photo Pahlawan Olahraga

Sejarah Olahraga Indonesia dalam Rekaman Kamera dan Buku Photo

Hermansyah
Sejarah Olahraga Indonesia dalam Rekaman Kamera dan Buku Photo
Pembukaan Pameran Photo & Refleksi Akhir Tahun

Jakarta, HanTer - Sekumpulan foto yang dijadikan satu menjadi buku foto menjadi saksi sejarah sukses para atlet lndonesia di pesta akbar olahraga Asian Games dan Asian Paragames 2018. 

Hasil rekaman kamera para fotografer itu diterbitkan dalam dua buku bertajuk Pahlawan Olahraga Indonesia. Masing-masing Asian Games dan Asian Paragames (difabel). 

Foto-foto itu digelar dalam Pameran Photo & Refleksi Akhir Tahun, di Wisma Serbaguna Kementerian Pemuda dan Olaraga (Kemenpora) RI, Jakarta, Selasa (18/12/2018). Dalam gawean yang dipromotori Menpora Imam Nahrawi itu, juga dipamerkan foto- foto yang tak termuat dalam buku Pahlawan Olahraga. Kedua buku itu dikemas dalam bentuk tergolong mewah dengan hard cover.

Mewakili Menpora membuka secara resmi pameran itu, Asisten Deputy IV Kemenpora bidang Industri dan Promosi Olahraga Sandi Suwardi Hasan mengatakan bahwa buku yang mewakili kehebatan para duta olahraga Indonesia itu harus disebar-luaskan ke berbagai sektor, tak cuma di komunitas olahraga. 

"Pahlawan Olahraga itu harus masuk ke perpustakaan-perpustakaan berbagai Kementerian di Indonesia," kata Sandi, dalam pidatonya membuka Pameran Photo dan peluncuran buku foto tersebut.

Pada bagian lain, Ketua Panitia Pameran Erly Bahtiar mengungkapkan, semula apa yang dikerjakannya terkait foto-foto yang bakal dijadikan sejarah olahraga itu hanya seputar Asian Games. Tapi, Erly yang juga Direktur Fotografi Indonesian Asian  Games Organizing Committee (Inasgoc) itu didaulat Menpora buat melengkapi foto-foto itu dengan Asian Para Games. 

Tambahan opsi itu sempat membuat Erly dan timnya gentar. Pasalnya, foto-foto seremoni peraih medali perak dan perunggu saja belum kompleks. Tapi, mereka tak kehilangan semangat. "Semula dengan 107 fotografer kerjaan kami bakal mudah, ternyata tak mudah. Tapi, syukurlah akhirnya rekaman sejarah kebesaran atlet Merah Putih akhirnya lancar," ungkapnya.

Asian Games itu sendiri berlangsung pada 18 Agustus-2 September 2018 lalu di Jakarta dan Palembang. Sedangkan Asian Paragames pada 6-13 Oktober 2018 hanya di Jakarta. Ada pun pameran bakal berlangsung hingga Kamis (20/12/2018) dan terbuka untuk umum. 

Di hari kedua, Rabu (19/12/2018) akan dilakukan talkshow dengan wartawan foto underwater Stevan Sihombing, serta dipengujung perhelatan dilakukan Refleksi Akhir Tahun Olahraga Indonesia oleh Menpora Imam Nahrawi. Hermansyah