Kota Banjar Siap Gelar Porsenitas 2018

Hermansyah
Kota Banjar Siap Gelar Porsenitas 2018
Porsenitas 2018

Banjar, HanTer - Kota Banjar, Jawa Barat, punya gawe besar, 3-6 Desember 2018. Namanya, Pekan Olahraga dan Seni Regional Daerah Perbatasan (Porsenitas) Jawa Barat dan ke-VII. Atau biasa disebut daerah Kunci Bersama.

"Kegiatan ini dipusatkan di dua tempat, yakni Sport Center Langensari dan Taman Kota Banjar," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjar, Nana Suryana, Minggu (2/12).

Rangkaian kegiatan Porsenitas akan diawali dengan Welcome Party di Setda Kota Banjar, pada Minggu (2/12) malam, pukul 19.00 WIB. 

Senin (3/12) sore, pukul  15.00 WIB, digelar  pembukaan untuk umum. Lokasinya di Stadion Sport Center Langensari. Dilanjutkan pada malam harinya, pukul 19.00 WIB, acara pembukaan khusus pameran produk unggulan di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar.

"Selain pameran produk unggulan UMKM dan investasi daerah, dalam pameran tersebut juga ditampilkan berbagai pentas seni dari seluruh anggota Kunci Bersama. Pertunjukannya selama tiga hari berturut-turut sampai acara penutupan, hari Kamis (6/12)," terang Nana.

Nana Suryana, yang juga selaku Ketua Panitia mengatakan, kegiatan tersebut sudah disiapkan dengan matang. Bahkan, hingga saat ini tak menemui kendala berarti, meskipun nantinya membutuhkan fasilitas penginapan bagi ribuan peserta anggota Kunci Bersama.

“Pada prinsipnya sudah siap dilaksanakan. Secara teknis pun tidak ada kendala, karena apa-apa yang sudah diprediksi tidak ada ganjalan, bisa berjalan dengan lancar,” kata Nana.

Menurut Nana, kendala yang dihadapi hanya faktor musim saja atau cuaca. Karena pembukaan rencananya akan dilakukan sore hari, dan rangkaian kegiatan lainnya berlangsung hingga malam. Sedangkan, mengenai ketersedian hotel atau penginapan, hal itu tidak menjadi kendala.

“Untuk jauh-jauh hari peserta luar daerah sudah booking hotel seadanya yang ada di Kota Banjar. Sebagian peserta lagi di homestay atau sewa rumah penduduk. Cuma memang untuk peserta dari Kabupaten Brebes menginap di hotel yang ada di Ciamis. Untuk Kabupaten Pangandaran sebagian menginap dan sebagian pulang pergi Pangandaran-Banjar,” terangnya.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, selain pihaknya, ada yang pihak lain yang bertanggung jawab sebagai kesekretariatan. Juga membidangi kegiatan olahraga. Ada 12 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan. Di antaranya bola voly, bulutangkis, catur, sepak bola, tenis meja, tenis lapangan, dan olahraga tradisonal serta golf (eksibisi).

“Sport Center untuk lokasi pertandingan bola voli, sepak bola, tenis meja, dan olahraga tradisional. Sedangkan, untuk bulutangkis akan dilaksanakan di GOR Genta, catur di aula perkantoran Cikadu, tenis lapangan di lapang tenis BBWSC, dan golf (eksibisi) di padang golf BBWSC,” ungkapnya.

Sementara untuk Banjar Expo, ditangani Dinas Perdagangan DKUMKMP Kota Banjar. Kegiatannya ada pameran produk unggulan dan investasi daerah. Dia mengaku koordinasi terus berjalan lancar sesama tim panitia kota.

“Koordinasi dengan daerah anggota Kunci Bersama kita lakukan guna segala sesuatunya lancar. Intinya, di teknis yang kita garap sudah siap,” katanya.
Nana menambahkan, Banjar Expo 2018 nanti juga meliputi kegiatan Bazzar UMKM, pameran investasi dari dinas daerah Kunci Bersama, serta dari sejumlah perusahaan, display elektronik dan otomotif, kuliner, coffe corner, dan banyak lagi.

Diketahui, Porsenitas Kunci Bersama ini diikuti lima kabupaten dan dua kota dari Provinsi Jabar. Antara lain Kabupaten Kuningan, Ciamis, Pangandaran, Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kota Cirebon, Kota Banjar, serta dua kabupaten dari Provinsi Jateng, yaitu Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes.

"Anggota masing-masing kontingen diperkirakan sebanyak 200 orang, dengan jumlah keseluruhan mencapai 1.500 orang," pungkasnya.

Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani, menyebut event ini istimewa. Expo ini juga membuka peluang bagi investor untuk mengembangkan bisnisnya di wilayah Banjar.

“Ada beragam manfaat yang bisa digali dari expo ini. Kalau ingin mengembangkan investasi di Banjar, maka baiknya berkunjung ke sini. Di expo ini juga tersaji beragam hasil kerajinan tangan yang tentunya sangat unik dan menarik,” terang Giri didampingi didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II, Sumarni.

Sumarni menambahkan, venue Expo Banjar akan didesain unik. Stand yang disajikan juga sangat khas. Selain itu, event ini akan menjadi ajang silaturahim warga Kota Banjar  di berbagai daerah.

“Agenda ini sangat luar biasa. Selain menguatkan ukhuwah, agenda ini tetap menyelipkan unsur budaya sebagai identitas dari Kota Banjar. Kami sangat mengapresiasi agenda ini,” jelas Sumarni.

Sedangkan Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan mengatakan Hal senada. Kegiatan ini juga akan dikuatkan budaya seni dan kuliner. Akan menampilkan beragam karya terbaik. Ada seni rupa (seni murni dan terapan), hingga pertunjukan. 

"Untuk Budaya Kuliner, akan menyajikan beragam jenis makanan tradisional hingga kreasi baru," ujar Wawan.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, menilai, Porsenitas dan Banjar Expo 2018 adalah event luar biasa. Event ini merupakan momen yang langka. "Jadi event yang luar biasa ini jangan sampai terlewatkan. Sebab, rangkaian agendanya sangat menarik dan panjang,” kata Menpar Arief Yahya.