Menteri Rini Ramaikan Glowing Night Run di Komplek GBK

Eka Putra
Menteri Rini Ramaikan Glowing Night Run di Komplek GBK
Menteri Rini Soemarno (tengah) didampingi dua orang millenials dari Bank BNI Muhammad Ismeth dan Sothys Mundialika Putri.

Jakarta, HanTer - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menghadiri event lari malam hari bertajuk Glowing Night Run 5K yang digagas perdana Kementerian BUMN bersama Bank BNI serta PT Garuda Indonesia di Plaza Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (1/12/2018) malam.

Selain hadir, Menteri Rini juga turut serta berpartisipasi dengan berlari berjarak 5 kilometer, mengelilingi suasana keindahan komplek Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta bersama 4500 pelari lain yang mayoritas berasal dari generasi millenials.

Menteri Rini tidak sendiri. Ia turut didampingi Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, serta jajaran direksi BUMN lainnya untuk meramaikan event perdana gagasan Kementerian BUMN bertajuk Glowing Night Run 5K 2018 dengan start pada Pukul 19.00 WIB.

Pada kesempatan itu, Menteri Rini mengenakan jaket dengan lukisan di bagian punggungnya bersama dua orang millenial dari BNI, yaitu Muhammad Ismeth dan Sothys Mundialika Putri sesaat sebelum melepas lomba.

Jaket tersebut merupakan hasil karya Muchlis Fachri atau yang akrab disapa Muklay, seorang seniman lokal Jakarta yang memiliki karakter seni unik. Jaket ini pun segera dilelang, dimana hasil lelangnya dipersembahkan sebagai donasi bagi masyarakat kurang mampu. 

Lelang ini menjadi perwujudan dari semangat "Caring Across Generation" salah satu dari tiga nilai yang menyertai lomba lari yang digagas, diusung, disiapkan, dan diikuti oleh para millenial BUMN.

Rini menuturkan bahwa ia merasa senang dan bangga menyaksikan antusiasme peserta kompetisi lari Glowing Night Run 2018, sekaligus menjadi pertanda bergairahnya para millenial dalam bergaya hidup sehat. 

Kebanggaan tersebut menjadi lebih maksimal karena acara tersebut juga disiapkan oleh para millennials dari gabungan BUMN yang bersinergi. Kementerian BUMN memang secara konsisten terus menggelorakan Sinergi antar BUMN untuk setiap aktivitas demi mendapatkan hasil yang optimal. 

"Saya sangat bangga dengan antusiasme adik-adik ini. Mereka sangat bersemangat mengelilingi GBK sejauh 5K. Ini baru, generasi milenial. Ke depannya, BUMN akan membuat Glowing Night Run di kota-kota lainnya," kata Rini saat disambangi sebelum meninggalkan acara.

Bukan sebatas lari
Dalam gelarannya, Glowing Night Run 5K 2018 memadukan tiga nilai penting yang harus tumbuh pada generasi muda, terutama para millenial di badan-badan usaha milik negara, yaitu Living Healthy Lifestyle, Empowering Local Entrepreneur, dan Caring Across Generation.

Perpaduan ketiga nilai inilah yang mendorong penyelenggara mengajak puluhan pengusaha mikro dan kecil untuk menjajakan produk - produk kreatifnya selama ajang lari bergembira (fun run) ini dilaksanakan. 

Terlihat, empat jam sebelum dimulainya lomba, yakni Pukul 15.00 WIB, peserta sudah banyak hadir menikmati kuliner dari 12 Food Truck serta 36 Food & Coffee Tenant yang telah tersedia. Segala transaksi pembayaran dilakukan secara non-tunai atau "cashless".

Salah satu anggota RKB BNI yang ikutserta pada "food and coffee festival" adalah Kopikita Bajawa yang merupakan debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BNI sejak Juli 2018. Kopikita Bajawa dilibatkan karena minum kopi telah menjadi tren di kalangan generasi millennials yang menjadi partisipan dari Glowing Night Run.

Usaha yang digeluti Kopikita Bajawa ini mampu membangkitkan kesejahteraan sekitar 100 petani binaan dan mencakup luas lahan garapan 50 hektar. Kopikita Bajawa telah mengeskpor produk kopinya hingga ke Amerika Serikat dan Italia. Tidak kurang 7.080 kilogram kopi telah terkirim ke luar negeri.

Tidak akan ada pencatatan waktu pada penyelenggaraan Glowing Night Run. Pemenang dipilih berdasarkan kategori “Best Costume Award” dan “Best Posting Socmed”. Setelah selesai berlari, para peserta akan dihibur oleh artis DJ Dipha Barus dan GAC sambil menikmati food and coffee festival yang tersedia.