Tribute #NTBBANGKIT Juara Pesona Lombok Rally Wisata

Hermansyah
Tribute #NTBBANGKIT Juara Pesona Lombok Rally Wisata
Rally wisata di Lombok 

Senggigi, HanTer - Kolaborasi besar sukseskan penyelenggaraan Pesona Lombok Rally Wisata 2018 bagi #NTBBANGKIT. Tribute pun diberikan bagi peserta yang berprestasi dan membranding destinasi wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Penyelenggaraan Pesona Lombok Rally Wisata 2018 telah ditutup Minggu (25/11) malam WITA. Secara keseluruhan, Rally Wisata ini diikuti oleh sekitar 50 team. Sebab, ada tambahan 20 peserta pada etape 2. Digelar 24-25 November, Rally Wisata ini sedikitnya melibatkan 150 peserta. Mereka berstatus sebagai driver, navigator, hingga penumpang. Totalnya ada 10 kelas kejuaraan yang dilombakan.
 
Setelah menjalani rivalitas di etape 1 dan 2 dengan total jarak 688 kilometer, setiap kelas sudah memiliki nama terbaik. Posisi terbaik Kejuaraan Umum pun dikunci Mario Handaziza/Ravika Anggraini asal Jawa Timur. Runner up-nya Sugianto G/Nur Ariza dari Jawa Timur, lalu Gerry Rosanto/Didi Dewanto di strip 3. Untuk posisi terbaik di Kejuaraan Seeded B diraih ING Adiartha/IB Achmad Affandy dari Jawa Timur.
 
Kelas Pemula, status terbaik menjadi milik IB Krisna DP/IB Putra Wirabawa dari Bali. Tim Honda BRV dengan Driver Evi dan Navigator 1 Nia asal NTB sebagai yang terbaik di Kejuaraan Wanita. Untuk Etape 1, juaranya adalah Mario Handaziza/Ravika Anggraini. Trofi Kejuaraan Etape 2 ini menjadi milik Suryo Putranto/Suryo Prihatmanto asal Jawa Timur.
 
“Semua peserta terlihat sangat enjoy. Mereka sangat menikmati perlombaan. Mereka terkejut dan kagum dengan banyaknya spot eksotis di Lombok ini. Mereka juga sangat tertantang dengan rute dan beragam soal yang diberikan. Beberapa sempat tersesat,” ungkap Ketua IMI NTB M Nur Haedin, Minggu (25/11).
 
Daftar juara pun bertambah panjang. Kejuaraan Pemula Lokal menjadi milik Tan S/Feby asal NTB, lalu Kejuaraan Tetap Detik kembali dimenangkan oleh Mario Handaziza/Ravika Anggraini. Kelas Spirit 83 Sportclub juga dimenangi oleh Suryo Putranto/Suryo Prihatmanto. Lalu, ada nama Taufiqqurakhman dan Roesnoman Baboe asal Sulawesi Selatan sebagai yang terbaik di Kelas FBRT Sports.
 
“Kami ucapkan selamat bagi para juara. Pesona Lombok Rally Wisata 2018 adalah konsep kerja bersama antar elemen yang bagus. Semua berkolaborasi dan berperan memberi citra positif bagi #NTBBANGKIT. Tujuannya sama, yaitu terus mendorong pulihnya kunjungan wisman di NTB,” terang Kepala Bidang Wilayah IV Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Syukurni.
 
Digelar 2 hari, rute Pesona Lombok Rally Wisata 2018 ini 80% melewati destinasi wisata terbaik Lombok. Namun, beberapa kawasan terbaik ini jumlah pergerakan wismannya sekitar 10% dari sebelum bencana. Pergerakan optimal 70% baru terjadi di Kota Mataram, NTB. Kawasan Senggigi yang menjadi lokasi start Rally Wisata ini masih terlihat lengang, meski seluruh fasilitas sudah siap menyambut wisman kembali.
 
“Perlu dilakukan upaya branding yang masif dan berkelanjutan. Kami pun berharap, banyak event yang digelar di NTB cepat direspon oleh publik. Dengan kolaborasi besar seperti ini, arus kunjungan wisman akan pulih. Destinasi di sini tetap eksotis. Fasilitas pendukungnya juga sudah siap. Silahkan berkunjung ke NTB ini. Semua aman dan nyaman di sini,” jelas Syukurni lagi.
 
Inspirasi lain pun ditiupkan oleh Pesona Lombok Rally Wisata 2018. Selain jadi media branding, event ini juga media pembelajaran terbaik. Opening ceremony dari Rally Wisata pada Sabtu (24/11), mendapat kunjungan mahasiswa Poltekpar Lombok. Mereka pun belajar bagaimana menyelenggarakan event yang bagus, apalagi Rally Wisata ini memiliki misi mendukung #NTBBANGKIT.
 
“Semua bisa dilakukan secara bersama. Tujuan #NTBBANGKIT akan terwujud lebih cepat. Sebab, semua elemen bersinergi untuk mengabarkan hal positif dari NTB dan Lombok ini pada khususnya. Sebentar lagi pergantian tahun. Lombok ini adalah destinasi terbaik untuk merayakan tahun baru,” tegas Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Ricky Fauziyani.
 
Acungan jempol pun diberikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya atas prestasi yang ditorehkan oleh peserta Rally Wisata ini. Sebab, mereka berhasil menyeimbangkan persaingan rally dengan misi sosial #NTBBANGKIT. “Kami ucapkan selamat bagi para juara. Tetaplah berprestasi bagi seluruh peserta Rally Wisata. Mereka telah menginspirasi. Meski bersaing ketat, misi #NTBBANGKIT tetap dikedepankan,” tutup Menteri yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan menjadi #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok.