Adrenalin Hangat Pesona Lombok Rally Wisata 2018  

Hermansyah
Adrenalin Hangat Pesona Lombok Rally Wisata 2018  
Start dan finis berlangsung di pelataran Hotel Montana, Senggigi

Senggigi, HanTer - Kehangatan dialirkan Pesona Lombok Rally Wisata 2018 di Nusa Tenggara Barat (NTB). Memiliki 80% rute wisata, event ke-4 tahun ini menjadi penegas #NTBBANGKIT. Ikatan saudara dan kepedulian pun semakin kuat dengan aktivitas bakti sosial.
 
Bendera start program Pesona Lombok Rally Wisata 2018 NTB sudah dikibarkan Sabtu (24/11). Digelar 24-25 November, Rally Wisata ini memiliki start dan finish di Hotel Montana, Senggigi, Lombok Barat. Program ini total diikuti oleh 30 team peserta. Sedikitnya ada 101 nama yang terlibat baik sebagai driver, navigator, hingga penumpang.
 
“Seluruh IMI Indonesia mendukung program ini. Kami saat ini fokus di Senggigi. Event ini diharapkan bisa membantu pariwisata Senggigi bergairah lagi. Kami yakin, kawasan pariwisata Senggigi setelah ini akan pulih lebih cepat. Ada banyak wisatawan yang berkunjung ke sini,” ungkap Ketua IMI NTB M Nur Haedin, Sabtu (24/11).
 
Terbagi dalam 2 kategori seeded A dan B, Pesona Lombok Rally Wisata 2018 diikuti oleh 5 daerah. Tuan rumah NTB tampil full dengan 17 team, lalu diikuti Jawa Timur yang mengirimkan 9 team. DKI Jakarta diwakili oleh 2 team, lalu masing-masing 1 team dikirimkan Bali dan Sulawesi Selatan. “Rally ini bagian dari kampanye pariwisata dan keselamatan berkendara. Rally ini tidak kebut-kebutan,” terangnya.
 
Start dan finish di Senggigi, Pesona Lombok Rally Wisata 2018 terbagi dalam 2 etape. Etape 1 ini digelar pada Sabtu (24/11) dengan rute panjang Hotel Montana, Senggigi, menuju Kantor Bupati Lombok Utara. Pada etape 1 ini, seluruh peserta rally juga singgah di Gunung Sari dan Pemenang. Total terdapat 15 cek point yang wajib disinggahi peserta. Panjang rute 1 etape 1 ini adalah 128 kilometer.
 
Mengacu regulasi perlombaan, adalam 1 etape terdapat 2 rute yaitu pergi-pulang. Mengacu posisi start dan finish, etape 1 Pesona Lombok Rally Wisata 2018 total menempuh jarak 256 kilometer. “Rally Wisata ini harus disupport. Kegiatan ini benar-benar mengeksplore destinasi wisata. Rutenya ini rute wisata. Kami optimistis, dalam waktu dekat pariwisata NTB akan pulih,” jelas Sekjen IMI Pusat Jeffry JP.
 
Sukses melewati hari pertama, peserta akan melahap etape 2 rally. Digelar Minggu (25/11), etape 2 ini memiliki rute besar Senggigi menuju Destinasi Super Prioritas Mandalika, Lombok Tengah. Rute ini pun lebih panjang, yaitu 216 kilometer. Terbagi dalam 15 cek point, etape 2 pun terbagi dalam 2 rute pergi-pulang. Etape 2 ini total memiliki jarak 432 kilometer.
 
“Rally ini menjadi energi dan tambahan semangat bagi masyarakat #NTBBANGKIT. Event ini memberi efek positif jauh lebih besar. Opini positif #NTBBANGKIT yang terbentuk jauh lebih kuat. Peserta bisa melakukan foto di destinasi dengan view eksotis, lalu mengunggahnya di media sosial. Sekarang NTB tidak sekedar bangkit, tapi terus menata diri,” jelas Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid.
 
Bukan hanya rutenya, regulasi Pesona Lombok Rally Wisata ini juga dikonsep menarik. Sebab rally ini mengedepankan 3 hal, yaitu wisata, kompetisi, dan bakti sosial. Menaikan adrenalin persaingan, setiap team mendapatkan amplop berupa ‘soal’ atau ‘misi’ yang harus diselesaikan. Mulai dari aktivitas wisata hingga mencari jejak sebuah obyek khusus.
 
“Kemenpar selalu menyambut baik setiap event. Pesona Lombok Rally Wisata ini bisa dimaksimalkan sebagai penegas #NTBBANGKIT. Sebab, rutenya memang melintasi banyak destinasi wisata NTB. Event ini sangat efektif meyakinkan wisman untuk datang kembali ke Lombok dan NTB,” tegas Kepala Bidang Wilayah IV Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Syukurni.
 
Menempuh total jarak sekitar 688 kilometer dari 2 etape dan 4 rute, juara rally ini ditetapkan menurut waktu terbaik. Untuk etape 1, total waktu maksimal bagi setiap team adalah 3,5 jam. Etape 2 hanya beri slot waktu maksimal 4 jam saja. Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Ricky Fauziyani mengatakan, suasana rally ini sangat friendly.
 
“Rally Wisata ini sangat ramah dan friendly. Buktinya, setiap team membawa serta 1 atau 2 keluarganya. Mereka bergembira bersama. Lalu, di dalamnya juga ada banyak aktivitas positif. Kesemuanya diberikan untuk menegaskan #NTBBANGKIT. Destinsi NTB sudah siap menyambut kembali kehadiran wisman,” kata Ricky.
 
Menebarkan kegembiraan, Pesona Lombok Rally Wisata 2018 ini juga menggelar bakti sosial. Agenda ini diwujudkan dalam bentuk penyaluran alat tulis bagi siswa sekolah dasar di Lombok Barat. Rally ini juga memiliki program sosial lainnya. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun memberikan apresiasi atas peran aktif anggota IMI dalam program #NTBBANGKIT.
 
“Misi Rally Wisata ini sangat mulia. Mereka melakukan kampanye dan menegaskan #NTBBANGKIT. Kami memberikan apresiasi. Sebab, aktivitas ini memberikan impact positif terhadap pariwisata NTB. Belum lagi ada aktivitas sosial di dalamnya,” tutup Menteri yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan menjadi #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok.