Sepeda Nusantara 2018

Sepeda Nusantara 2018 Etape Manakarra Selamat dari Goyangan Gempa

Hermansyah
Sepeda Nusantara 2018 Etape Manakarra Selamat dari Goyangan Gempa
Ilustrasi Sepeda Nusantara 2018

Mamuju, HanTer - Perhelatan Sepeda Nusantara Etape Manakarra di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat seharusnya digelar Minggu, 30 September lalu. Namun karena alasan teknis pelaksanaan Program Andalan Kementrian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) itu ditunda hingga Minggu, 21 Oktober. 

Penundaan itu ternyata memberi hikmah, Sepeda Nusantara Manakarra, selamat dari goyangan gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah,  yang getarannya terasa kuat sampai Mamuju. “Waktu itu masyarakat Mamuju panik karena ada gempa dan isu tsunami. Banyak yang mengungsi ke gunung. Jadi ada hikmahnya juga penundaan itu. Jika jadi diadakan tanggal itu tentu kacau,” ujar Kepada Dinas Olahraga Kabupaten Mamuju Samsir Selleng SPd, MPd, Sabtu (20/10/2018).

Selain itu Samsir menyatakan, tentunya tidaklah elok menggelar lomba ketika daerah tetangga terkena musibah yang menggetarkan. Palu dan Donggala yang berbetasan dengan Mamuju terkena musibah gempa 7,4 skala richter dan kemudian disusul dengan terjangan tsunami. Daerah itu luluh lantak karena juga disertai dengan begerrak dan amblasnya tanah. 

Dengan penundaan itu Samsir mengemukakan, panitia daerah juga bisa melakukan persiapan lebih matang lagi. Ini merupakan kedua kalinya Mamuju dipercaya Kemenpora yang dipimpin Menteri Pemuda Dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi untuk menggelar program lomba sepeda. Tahun lalu, Mamuju juga menjadi tuan rumah program Sepeda Gowes Nusantara dari Kemenpora.

“Kami semangat melaksanakan program Sepeda Nusantara ini karena dampaknya untuk masyarakat sangat baik. Masyarakat menjadi bergairah untuk berolahraga melalui sepeda. Sambutan masyarakat juga bedar,” katanya. 

Menyinggung tentang pelaksanaan Sepeda Nusantara Etape Manakarra yang digelar Minggu (21/10/2018), Samsir menjelaskan, ribuan peserta mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua siap meramaikan acara tersebut. Peserta berasal dari Mamuju dan juga ada yang datang dari daerah sekitar. Diharapkan acara akan berlangsung meriah.

“Sudah ada 1000 orang yang akan ambil bagian. Jumlah ini naik dibandingkan tahun lalu yang diikuti sekitar 700 orang. Jadi maki banyak yang menggemari sepeda di sini,” ucapnya. 

Disebutkan, start dan finish mengambl tempat di Anjungan Pantai Manakarra. Peserta akan dilepas oleh Wakil Bupati  H Irwan Satya Putra Pababari, SH, MTP bersama Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan Dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora RI Abdul Rafur  Msi. Bupati Mamuju Drs H Habsi Wahid, MM yang semula ingin bergabung dengan para penggowes berhalangan hadir karena tengah melaksanakan tugas ke luar daerah. 

“Kegiatan Sepeda Nusantara ini diharapak akan makin menggairahkan masyarakat khususnya para pemuda untuk berolahraga. Dengan demikian acara ini bisa memenuhi tujuan memasyarakat olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” ujar Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan Dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora RI Abdul Rafur  Msi. 

Kegiatan olahraga di seuruh daerah di Tanah Air harus terus ditingkatkan menyusul sukses Indonesia meraih prestasi empat besar pada Asian Games XVIII yang digelar di Jakarta dan Palembang Sumatera Selatan, Agustus – Sepetember lalu. Sukses prestasi dan penyelanggaraan itu harus menjadi momentum untuk mengangkat prestasi olahraga Indonesia lebih tinggi lagi.