Kartini Indonesia Gelar Lari Virtual untuk Tangkal Covid-19 dan Sambut HUT RI ke-75

Eka
Kartini Indonesia Gelar Lari Virtual untuk Tangkal Covid-19 dan Sambut HUT RI ke-75
Panitia Kartini Run adakan lari virtual dengan wanita di seluruh Indonesia (ist)

Jakarta, HanTer - Semangat Kartini tidak pudar di tengah Pandemi Covid-19. Itu dibuktikan setelah ratusan wanita Indonesia antusias mengikuti lomba lari virtual secara serentak bertajuk 'Virtual Kartini Run 2020' di wilayah masing-masing, Minggu (2/8/2020).

Penasehat Virtual Kartini Run 2020, Nyonya Tri Tito Karnavian dalam jumpa pers resmi melalui meetting zoom, Minggu (2/8/2020), menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bukti semangat para wanita Indonesia untuk hidup sehat ditengah pandemi Covid-19.

Selain itu, lanjut dia, Virtual Kartini Run 2020 juga menjadi pemantik semangat guna menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 pada 17 Agustus mendatang. Mengalirnya semangat di tubuh para Kartini melalui olahraga juga sekaligus bertujuan membuat jiwa dan raga sehat.

“Karena masih dalam situasi dan kondisi pandemi, pesertanya tidak bisa berkumpul dalam satu titik. Namun tidak mengurangi semangat dan nilai-nilai olahraga itu sendiri yakni sportif dan fair play. Saya bangga pesertanya bisa menyebar ke seluruh pelosok tanah air,” kata wanita yang juga sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PP.PERWOSI) itu.

Tri Tito Karnavian dalam kesempatan itu juga menyapa para peserta dan berdialog singkat. Intinya dia ingin masyarakat tetap menjaga kesehatan dan kebugaran fisik dalam kondisi apapun apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian yang turut hadir dan membuka secara resmi Virtual Kartini Run 2020 ini juga menyampaikan hal yang sama. Bahkan mantan Kapolri itu menyebut kegiatan olahraga menjadi senjata paling ampuh memerangi penyebaran virus Covid-19.

“Dengan olahraga teratur niscaya akan meningkatkan imun tubuh kita. Dan jika imun tubuh kita kuat, penyakit akan sulit masuk,” kata Tito.

Virtual Kartini Run 2020 yang diselenggarakan oleh Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB), Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASEKIM), PERWOSI dan Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) dengan sponsor utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) ini diikuti oleh 500 peserta.

Peserta tak hanya dari Jakarta, Depok, Bogor Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), namun juga ada yang dari luar Jabodetabek seperti Pekanbaru, Bengkulu, Padang, Batusangkar, Payakumbuh, Solok, Tanjung Pinang, Lubuk Linggau.

Kemudian dari Bandung, Tasikmalaya, Majalengka, Cimahi, Karawang, Indramayu, Kudus, Demak, Jepara, Klaten, Wonosari, Banyuwangi, Sidoarjo, Jombang Pontianak, Pangkalan Bun, Bontang Makassar, Rantepao, Kendari, Mataram, Jayapura dan Sorong.

Peserta berada di domisili masing-masing untuk berlari secara virtual dengan sebelumnya melakukan koneksi ke link Zoom Meeting dan bergabung di challenge/tantangan Virtual Kartini Run 2020 pada aplikasi Endomondo.

Kartini Virtual Run 2020 dimulai pada pukul 06.30 pagi WIB/07.30 WITA/08.30 WIT.Akan ada 3 juara pada masing-masing kategori laki-laki dan peremouan dengan catatan waktu terbaik yang mendapatkan hadiah uang tunai. 

Selain itu peserta lain berkesempatan untuk mendapatkan doorprize yaitu 2 unit Garmin Forrunner dan 200 pos kartu Brizzi (uang elektronik dari BRI) senilai Rp. 100.000 sampai Rp. 500.000. Pemenang akan diumumkan pada Senin (3/8/2020) siang.