Untuk Mencegah dan Penyembuhan, Kemenpora Segera Rilis Senam Lawan Covid-19

Hermansyah
Untuk Mencegah dan Penyembuhan, Kemenpora Segera Rilis Senam Lawan Covid-19
Senam di lingkungan Kemenpora.

Jakarta, HanTer - Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan jika dalam waktu dekat, pihaknya akan merilis sebuah senam baru yang bertujuan untuk mencegah serta bisa menjadi sebagai metode penyembuhan terhadap penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona.

Hal tersebut diungkapkan Raden Isnanta, di sela-sela hari Krida, di mana para karyawan Kemenpora berpartisipasi dalam lomba senam Stay at Home antar unit, pada Jumat (3/7/2020), di mana senam tersebut sebelumnya mendapatkan respon yang luar biasa di masyarakat.

"Kita juga ada senam yang menggunakan energi dari tubuh dan lingkungan kita, yang kita gali dari potensi budaya kita yang namanya olahraga silat. Kemudian kita kondisikan tubuh menggunakan energi-energi yang ada di dalam lingkungan tubuh itu sendiri, sehingga itu bisa dijadikan pengobatan dan ini cocok sekali buat individu Yasudah terindikasi, namun yangbtidak pun ini juga bisa menjadi pertahanan bagi imun tubuh," bebernya.

Dalam waktu dua minggu kedepan Isnanta menyebutkan akan meluncurkan senam bertajuk Lawan Covid itu. "Memang pernah kepada satu dua orang dicobakan, namun penelitian belum dilakukan, akan tetapi silahkan dicoba, minimal kita mendapatkan imunnya, karena yang sudah melakukan ini nyatanya tubuhnya merasa bugar kembali, termasuk bagi para tenaga medis di samping kesibukan mengurus pasien, bisa juga kiranya melakukan senam ini, sehingha metrka juga lebih imun," tuturnya.

"Sebelumnya kita juga sudah datangkan ahlinya untuk melihat bagaimana strategi atau gerakan-gerakan yang diciptakan tadi bisa melakukan penyembuhan, namun jujur sekali lagi kami sampaikan jika ini bukan sebuah produk penelitian namun ini sebuah keyakinan dari komunitas silat dan kita sudah menerima presentasinya, disusun dan di ujicobakan terhadap satu dua orang, memang perlu mencoba, tidak ada ruginya, karena sekaligus untuk menguatkan imun kita," tambahnya.

Sementara terkait senam SAH itu sendiri, Isnanta mengatakan jika senam itu dibuat untuk berolahraga di rumah, namun tak harus di dalam rumah, tapi di halaman rumah juga bisa, bahkan di lingkungan perkantoran.