LPDUK Kemenpora

LPDUK Siapkan Sarana Pendukung Kegiatan Olahraga Online Dimasa Pandemi

Eka
LPDUK Siapkan Sarana Pendukung Kegiatan Olahraga Online Dimasa Pandemi
LPDUK Kemenpora

Jakarta, HanTer - Tidak hanya siap mendukung cabang olahraga untuk bekerjasama dalam pencarian dan pengelolaan dana sponsor, Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) juga menyiapkan sarana pendukung untuk kompetisi, pelatihan atau kegiatan keolahragaan lain yang akan dilakukan secara online. 

Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih dihadapi, kegiatan keolahragaan secara online dinilai efektif atau paling memungkinkan dilaksanakan guna menjaga dan meningkatkan performa dan prestasi atlet.

“Banyak kreativitas yang bisa dilakukan cabor bersama-sama LPDUK," kata Kepala Divisi Pendanaan dan Pengembangan Usaha Keolahragaan, Agus Mauro saat menjadi narasumber pada Pembukaan Online Shooting Championship PB Perbakin ke-3, Sabtu (13/6/2020).

"Kami sedang menyiapkan fasilitas pendukung kegiatan keolahragaan secara online di kantor baru LPDUK di Jalan KH Ahmad Dahlan Kebayoran Baru. Tidak hanya untuk kompetisi, kegiatan online lewat zoom, youtube atau lainnya, juga bisa digunakan untuk pelatihan, sertifikasi wasit atau pelatih dan sebagainya,” sambung dia. 

Agus Mauro mengapresiasi Pengurus Besar Persatuan Menembak Indonesia (PB Perbakin) yang sudah melakukan kompetisi online dan diikuti dengan antusias oleh daerah-darah sehingga tetap meriah seperti Kejurnas biasa. 

Kejuaraan online ini tentu daja dapat membantu memotovasi atlet untuk menjaga intensitas berlatih dan bertanding saat situasi pandemi. 

“Kondisi atlet dan pelatih tetap terpantau dan terjaga untuk menghadapi berbagai event internasional ke depan. Karena direcord, setiap atlet juga bisa mengevaluasi penampilannya lewat tayangan youtube,” ia menjelaskan.

Sementara Ketua Umum PB Perbakin, Letjen TNI Joni Supriyanto menjelaskan, pihaknya sudah menggelar kompetisi secara online sejak April dan Mei lalu sebagai bentuk inovasi di tengah Pandemi. 

“Pemprov Perbakin diharapkan bisa melakukan hal serupa. Para atlet dan pelatih serta ofisial harus tetap memperhatikan protokol Kesehatan dan menjaga jarak fisik,” kata Joni Supriyanto dalam pointers yang disampaikan oleh Ketua Harian PB Perbakin, Siswanto.

Sekjen PB Perbakin, Firtian Judiswandarta menambahkan, kompetisi secara online yang dilakukan PB Perbakin sudah dicontoh oleh organisasi olahraga menembak India dan beberapa negara lain juga akan segera menyusul.

“Ke depan mungkin PB Perbakin bisa kejerasama dengan LPDUK untuk membuat kompetisi level internasional, mulai tingkat Asia Tenggara, Asia hingga dunia,” tutur Judiswandarta.

Online Shooting Championship ke-3 PB Perbakin ke-3 digelar 13-14 Juni 2020, mempertandingkan kelas Air Rifle&Pistol, Free Pistol dan Rifle Prono&3 Position. Sekitar 200 atlet dari seluruh Pengprov Perbakin mengikuti kejuaraan yang ditayangkan langsung di kanal youtube LPDUK TV.