Menpora Minta Kaum Muda Beri Edukasi Positif Tentang Covid-19

Hermansyah
Menpora Minta Kaum Muda Beri Edukasi Positif Tentang Covid-19
Menpora Zainudin Amali

Jakarta, HanTer - Menpora Zainudin Amali menyebut jika penanganan pencegahan terhadap pandemi Covid-19 menjadi tanggung jawab bersama. Hal tersebut dikatakannya saat memberikan kuliah umum secara virtual kepada jajaran civitas akademika Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta melalui video conference di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Ia juga mengatakan jika saat ini masyarakat tengah diuji kecintaannya kepada negara dan bangsa di masa kondisi sulit seperti ini. "Bela negara bukan berarti mengangkat senjata berperang dengan musuh, tetapi bersama-sama menangani Covid-19 dan menghindari tertular dari penyakit juga bagian dari bela negara dengan cara stay at home, menjaga jarak, memakai masker dan sebagainya," ujar Menpora.
 
"Kita berharap bisa memutus rantai penularan penyakit ini, maka negara kita akan pulih dan kembali normal seperti sedia kala, di saat masih ada segelintir orang yang masih mengambil keuntungan dari kondisi yang ada, seperti menimbun barang-barang dan ini sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip bela negara yang benar," tambahnya. 
 
Dalam kesempatan itu Menpora memberikan beberapa hal potensi yang bisa dilakukan meski para mahasiswa belajar dari rumah. "Meski di rumah, bukan berarti tidak bisa berkontribusi apa-apa. Misalnya promotif memberikan pemahaman kepada masyarakat literasi yang benar tentang Covid-19 karena masih ada pemahaman yang tidak benar di tengah masyarakat tentang pandemi ini seperti tidak boleh berkumpul, ibadah di rumah dan sebagainya agar menghindari penularan," katanya.
 
"Tugas kita adik-adik milenial untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat bahwa ini sangat berbahaya dan upaya kita menghentikan penyebaran ini tidak tercapai dengan maksimal jika masih melakukan kegiatan seperti keadaan normal," tegas Menpora. 
 
Politikus asal Partai Golkar itu berharap kaum muda milenial menghindarkan diri untuk tidak menyebarkan berita-berita bohong yang justru menambah resah masyarakat. "Jadi tolong kaum milenial harus juga menghentikan dan menghindari berita-berita hoak yang awalnya memang dari keisengan-keisengan yang tidak berfikir berkembang di tengah masyarakat dan tidak mengganggu dan ternyata membuat resah masyarakat," imbau Menpora.