Rencana Lanjutan Liga Serie-A Itali Tunggu Keputusan Pemerintah

Eka
Rencana Lanjutan Liga Serie-A Itali Tunggu Keputusan Pemerintah
Cristiano Ronaldo menjalani sesi latihan (ilustrasi_ist)

Roma, HanTer - Seluruh klub yang tampi di pentas Serie-A masih menunggu kepastian pemerintah Italia, apakah kompetisi musim ini kembali dilanjutkan ditengah pandemi virus corona alias Covid-19 atau tidak.

Sebelumnya memang sinyal dilanjutkannya liga mendapat lampu hijau dari pemerintah melalui Perdana Menteri Giuseppe Conte. Akan tetapi sikap pesimis yang dituangkan Vincenzo Spadafora membuat seluruh klub diambang dilema. Padahal beberapa kesebelasan telah menjalankan sesi pelatihan.

Beberapa daerah membuka pelatihan selama beberapa hari ke depan, termasuk Emilia-Romagna, Lazio, Campania dan Sardinia, dengan yang lain kemungkinan akan menyusul.

Namun, La Repubblica dan La Gazzetta dello Sport memperingatkan penyelesaian musim Serie A sama sekali tidak ada kepastian, bahkan setelah angka kematian harian turun menjadi 192, angka terendah sejak 14 Maret lalu.

Untuk itu petinggi klub, induk federasi dan asosiasi pemain meminta kepada pemerintah untuk memutuskan apakah liga layak dilanjutkan atau di setop pada tengah pekan ini.

Ligue 1 Perancis adalah satu-satunya liga utama yang membatalkan musimnya lebih awal, bersama dengan Belgia dan Belanda, sedangkan yang lainnya telah menyusun rencana untuk melanjutkan pertandingan pada akhir Mei atau memasuki Juni bahkan ada juga yang dimulai pada Juli mendatang.

Adapun Serie-A, jika mereka akan memulai lagi, kemungkinan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni atau paling lambat 21 Juni 2020. Jika 21 Juni, maka semifinal Coppa Italia akan dibatalkan atau ditunda hingga musim depan.

Ditempat terpisah, AS Roma telah mengumumkan bahwa para pemain mereka akan melanjutkan latihan pekan depan setelah pemerintah ibu kota memberi mereka dan Lazio lampu hijau.

"Roma ingin mengucapkan terima kasih kepada untuk kepekaannya terhadap olahraga tim. Minggu depan, para pemain Roma akan menjalani penilaian medis dan memulai sesi pelatihan individu - mengamati pedoman jarak yang aman - di pusat pelatihan Trigoria," demikian pernyataan klub.

Sebelumnya Sassuolo menjadi tim Serie-A pertama yang mengonfirmasi bahwa mereka akan melanjutkan pelatihan. Langkah Sassuolo akan di ikuti klub tetangga, Parma dan Bologna untuk menggelar sesi latihan pasca penangguhan akibat Covid-19.