KALENDER OLAHRAGA MENUMPUK DI 2021

PSSI Optimis Ditengah Kecemasan Nasib Piala Dunia U-20

Eka
PSSI Optimis Ditengah Kecemasan Nasib Piala Dunia U-20
Ketum PSSI saat meninjau Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya sebagai rangkaian persiapan Piala Dunia U-20/2021 (ist)

Jakarta, HanTer - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengaku tetap optimis meski banyak kecemasan yang menghampiri mereka terkait nasib penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada tahun depan. Dimana Indonesia dipercaya FIFA menjadi tuan rumah penyelenggara.

Hal tersebut dikatakan Yunus Nusi yang baru saja dipercaya menduduki sementara kekosongan kursi Sekjen PSSI untuk meneruskan tongkat estafet Ratu Tisha Destria. Mewakili PSSI, ia berharap agar gelaran Piala Dunia FIFA U-20 pada 2021 sesuai jadwal alias tidak mengalami penundaan.

"Kami berharap Piala Dunia U-20 2021 tetap berlanjut sesuai jadwal yang ada. Ketum PSSI terus melakukan persiapam, komunikasi dengan FIFA serta pemerintah, dan bulan Februari-Maret lalu sudah meninjau seluruh calon venue Piala Dunia U-20 2021," kata dia dilansir laman PSSI, kemarin.

"Saat ini persiapaan fisik untuk venue Piala Dunia U-20 2021 dihentikan karena pandemi virus corona. Namun proses administrasi tetap berlanjut. Sesuai imbauan dan arahan dari Ketum PSSI, untuk mengikuti protokoler pemerintah." 

"Karena kesehatan dan keselamatan menjadi tujuan utama saat ini. Kami berharap pandemi virus corona ini cepat berlalu dan aktivitas dapat berlangsung normal kembali," sambung pria kelahiran Gorontalo itu. 

Saat ini Indonesia serta hampir seluruh negara di dunia dalam suasana prihatin karena adanya pandemi virus corona (Covid-19). PSSI juga telah menghentikan seluruh kegiatan sepakbola baik itu kompetisi, pemusatan latihan Timnas Indonesia dan kegiatan lainnya.

Di luar itu ada sebuah kecemasan ihwal penggeseran kalender jadwal penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20/2021. Sebab di tahun yang sama, akan ada banyak kalender event yang digelar pasca penangguhan di 2020 akibat dampak dari pandemi global Covid-19.

Diantaranya Kualifikasi Piala Dunia 2022, Olimpiade Tokyo 2020 serta Piala Eropa 2020. Selain itu, Indonesia juga akan tambah di sibukkan dengan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua yang turut digeser pelaksanaannya menjadi Oktober 2021.