DILEMA PANDEMI COVID-19

UEFA Restui Liga Eropa Bermain Secara Tertutup

Eka
UEFA Restui Liga Eropa Bermain Secara Tertutup
Aleksander Ceferin (ist)

Nyon, HanTer - UEFA selaku induk tertinggi sepakbola Eropa merestui sejumlah liga yang berencana melanjutkan kompetisinya meski dalam bayangan masifnya penyebaran virus corona alias Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Presiden UEFA, Aleksander Ceferin. Menurut dia, beberapa liga yang akan melanjutkan kompetisi, digelar secara tertutup. Dan itu pun mendapat apresiasi darinya sebagai orang tertinggi di otorias sepakbola Eropa.

Ia menuturkan, bermain pertandingan sepak bola di balik pintu tertutup akan membantu mengembalikan rasa normal dalam kehidupan penggemar - dan akan lebih baik daripada tidak bermain sama sekali.

Dengan kompetisi liga dan piala di seluruh Eropa yang belum terselesaikan dan jutaan orang terjebak di rumah, ada banyak keinginan di antara badan olahraga untuk menemukan cara mendapatkan kembali pertandingan agar bisa dinikmati seluruh orang melalui layar televisi.

Ceferin yakin kompromi seperti itu akan layak untuk dibuat. "Prioritasnya adalah kesehatan penggemar, pemain, dan manajer," kata dia kepada Corriere della Sera dilansir Goal, Senin (20/4/2020) kemarin.

"Pada dasarnya saya adalah seorang yang optimis, saya percaya ada opsi yang dapat memungkinkan kami untuk memulai turnamen dan menyelesaikannya. Kami mungkin harus bermain tanpa penonton, tapi saya pikir yang paling penting adalah bermain."

"Dalam masa-masa sulit seperti itu akan membawa kebahagiaan orang dan rasa normal bahkan jika pertandingan akan ditayangkan di TV," ujarnya menambahkan.

Ceferin mengakui pengalaman menonton pertandingan tingkat atas tanpa atmosfer yang diciptakan oleh suporter adalah hal yang aneh dan tidak terbiasa.

"Awalnya, ya, tapi lebih baik bermain tanpa penonton daripada tidak melakukannya sama sekali. Sepakbola akan membawa kembali emosi dan kegembiraan ke rumah-rumah para penggemar yang sangat membutuhkannya.”

Beberapa olahraga telah memutuskan untuk mengakhiri musim mereka lebih awal, tetapi UEFA sudah jelas mereka tidak merasa tindakan seperti itu diperlukan pada saat ini.

Ada juga desas-desus bahwa tenggat waktu untuk final Liga Champions dan Liga Eropa berarti tidak ada kompetisi yang akan selesai, tetapi Ceferin mengatakan ini bukan masalah utamanya. 

#Uefa   #aleksanderceferin   #liga   #eropa   #lanjut   #tertutup   #hiburan   #psbb   #orang   #covid-19