SEPAKATI PERUNDINGAN DAMAI

Bintang Chelsea Rela Potong Gaji Empat Bulan

Eka
Bintang Chelsea Rela Potong Gaji Empat Bulan
Cesar Azpilicueta (ist)

London, HanTer - Para pemain Chelsea siap menerima pemotongan gaji sejumlah 10 persen dalam empat bulan ke depan sebagai bagian dari persiapan klub untuk berurusan dengan kejatuhan finansial akibat penangguhan kompetisi sepakbola, khususnya di Liga Inggris.

Meski belum terjadi kesepakatan resmi di atas kertas, namun setidaknya proses negosiasi tersebut telah disetujui oleh mayoritas pemain bintang mereka. Demikian dilansir laman Daily Mail, Minggu (19/4/2020) kemarin. Sebab pemotongan upah 10 persen dianggap wajar dan masuk akal.

Kapten Cesar Azpilicueta memimpin negosiasi dari rekan-rekannya kepada manajemen klub ihwal rencana tersebut. Bek sayap berkebangsaan Spanyol itu mengadakan pertemuan khusus dengan Direktur Operasional The Blues, julukan Chelsea, Marina Granovskaia.

Sebelumnya ada saran pemotongan gaji sebesar 25 persen dan Liga Premier secara kolektif mengatakan bahwa pemotongan 30 persen mungkin diperlukan. Tetapi para pemain Chelsea, kontribusi besar para pemain dalam aksi sosial terhadap NHS membuat klub melakukan pemotongan sejumlah 10 persen.

Para pemain Chelsea telah membuat kesepakatan kompromi, yang mirip dengan kesepakatan yang dinegosiasikan para pemain Arsenal, yang akan menghasilkan pengurangan 12,5 persen.

Selain Chelsea, para pemain Southampton dan West Ham juga sepakat untuk menyiasati pemotongan upah ditengah penangguhan. Hal yang sama turut dilakukan klub-klub Liga Premier lain yang melakukan kesepakatan individu dengan para pemain mereka.

Chelsea telah dipuji secara luas melalui krisis coronavirus dengan klub yang menawarkan kamar hotel gratis untuk staf rumah sakit di St Mary's Paddington, Rumah Sakit Charing Cross dan Rumah Sakit Hammersmith, serta makanan gratis untuk staf NHS dan kepada badan amal yang mendukung orang-orang yang rentan di masyarakat.