KONTROVERSI KOMPETISI DITENGAH PANDEMI

UEFA: Liverpool Bisa Angkat Gelar di Stadion Kosong

Eka
UEFA: Liverpool Bisa Angkat Gelar di Stadion Kosong
Para pemain Liverpool (ist)

Liverpool, HanTer - UEFA selaku federasi tertinggi sepakbola Eropa memberikan jaminan kepada Liverpool bahwa tim asuhan pelatih Juergen Klopp bisa meraih gelar juara pada kompetisi Liga Inggris musim ini. Dengan catatan, pesta perayaan akan sedikit hampa karena dilakukan di stadion kosong alias tanpa penonton.

Hal tersebut dikatakan Presiden UEFA Aleksander Ceferin seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (6/4/2020) kemarin. "Saya tidak bisa melihat cara Liverpool bisa dibiarkan tanpa gelar. Jika Liga Premier kembali bermain, Liverpool hampir pasti akan memenangkan gelar," kata dia.

“Secara teoritis ini belum berakhir, tetapi praktis Liverpool berada di ambangnya. Jika kebetulan permainan tidak akan dilanjutkan, kami masih harus menemukan cara untuk mendeklarasikan hasil akhir, untuk menyatakan juara," sambungnya

"Saya mengerti para penggemar akan kecewa jika itu terjadi di stadion kosong atau bahkan di kantor liga, tapi saya percaya, mereka akan mendapatkan gelar dengan cara yang lain," jelas Ceferin.

Sebagaimana diketahui, seluruh kompetisi sepakbola, khususnya Eropa, terpaksa ditangguhkan alias ditunda akibat masifnya penyebaran pandemi global virus corona. Bahkan ada beberapa liga yang menghentikan kompetisi, salah satunya Liga Belgia dan kemudian akan disusul Liga Skotlandia.

Lain cerita dengan Premier League alias Liga Inggris. FA selaku federasi sepakbola Inggris bertekad untuk menyelesaikan musim ini. Dengan catatan, hal itu akan dilakukan apabila telah mendapat lampu hijau oleh pemerintah setempat.

Ketidakpastian dan kekhawatiran bahwa akan diperlukan waktu sebelum aman untuk bermain sepakbola lagi telah menyebabkan panggilan dari beberapa pihak agar musim ini dinyatakan 'batal demi hukum.'

Di antara implikasi dari hal itu, Liverpool akan dengan kejam menyangkal gelar mereka yang ditunggu sejak 1990 untuk mengangkat trofi Premier League. Skuad Jurgen Klopp unggul 25 poin dari City dan hanya membutuhkan dua kemenangan untuk mengukuhkan diri sebagai juara.