PRESIDEN INGIN TURNAMEN RAMPUNG 3 AGUSTUS

UEFA Tampik Pernyataan Ceferin

Eka
UEFA Tampik Pernyataan Ceferin
Aleksander Ceferin (ist)

Nyon, HanTer - UEFA selaku federasi tertinggi sepakbola Eropa menampik tegas pernyataan Presiden mereka, Aleksander Ceferin yang sebelumnya menyebut bahwa ia akan menargetkan bahwa seluruh gelaran kompetisi termasuk Liga Champions mampu selesai pada 3 Agustus mendatang.

Sebaliknya, UEFA menegaskan bahwa pihaknya masih belum menetapkan sekaligus memutuskan kapan dimulai dan berakhirnya dua turnamen besar mereka, yakni Liga Champions dan Liga Europa. Pernyataan resmi itu pun akhirnya menggugurkan ucapan Ceferin selaku Presiden.

“Telah dilaporkan bahwa Presiden UEFA, Aleksander Ceferin mengatakan kepada ZDF di Jerman bahwa Liga Champions UEFA harus selesai pada 3 Agustus. Ini tidak benar. Presiden sangat jelas tidak menetapkan tanggal pasti untuk akhir musim," demikian pernyataan resmi UEFA, Minggu (5/4/2020) kemarin.

“UEFA saat ini sedang menganalisis semua opsi untuk menyelesaikan musim domestik dan Eropa dengan Asosiasi Klub Eropa dan Liga Eropa dalam kelompok kerja yang dibentuk pada 17 Maret lalu. Prioritas utama semua anggota kelompok kerja adalah untuk menjaga kesehatan masyarakat."

“Sebagai lanjutan dari itu, adalah mencari solusi kalender untuk menyelesaikan semua kompetisi. Opsi saat ini sedang dipelajari untuk memainkan pertandingan pada bulan Juli dan Agustus jika diperlukan, tergantung pada tanggal mulai ulang dan izin dari otoritas nasional," terang pernyataan itu.

Sebelumnya UEFA telah memutuskan menunda Euro 2020 ke tahun depan demi memberi kesempatan kompetisi tingkat klub baik domestik maupun Eropa musim 2019/20 bisa dirampungkan pada musim panas, lantaran saat ini tertangguhkan karena pandemi virus corona.

Namun, perkembangan yang tak kunjung menampakkan sinyal positif membuat seluruh pemangku kepentingan sepak bola kini dihadapkan pada tenggat waktu untuk bisa menyelesaikan musim 2019/20 sesegera mungkin, berkaitan dengan rencana dimulainya musim baru.