KOMPETISI LIGA ITALIA

Krisis Keuangan Ancam Ronaldo Hengkang

Eka
Krisis Keuangan Ancam Ronaldo Hengkang
Cristiano Ronaldo (ist)

Turin, HanTer - Meski bertitel sebagai klub raksasa di tanah Italia maupun Eropa, rupanya hal tersebut tak menjamin kesehatan terhadap neraca keuangan Juventus. Kini Bianconeri, julukan Juventus, dikabarkan tengan menghadapi krisis finansial yang cukup besar akibat dampak dari pandemi global virus corona alias Covid-19.

Dilansir laman Il Messagero, kemarin, total Bianconeri telah memangkas seluruh potongan gaji para pemainnya sebesar 90 juta euro atau setara dengan Rp1,6 triliun. Dan pemotongan gaji tersebut telah disepakati bersama oleh seluruh pemain. Namun, sejumlah surat kabar Italia menilai, bahwa itu masih belum menjadi solusi untuk memperbaiki kas mereka.

Sebab pandemi global Covid-19 yang belum tahu kapan berakhir penyebarannya membuat keuangan klub terus tergerus, karena mereka harus memikirkan gaji para pemain di bulan-bulan berikutnya. Dengan krisis yang masih menghantam Bianconeri, digadangkan tim asuhan pelatih Maurizio Sarri akan mencari opsi lain untuk menekan defisit.

Salah satunya dengan berencana untuk mendepak Cristiano Ronaldo pada musim depan. Itu dianggap sebagai solusi tepat untuk menstabilkan kembali kas mereka. Apalagi pemain berkebangsaan Portugal itu memegang gaji tertinggi bersama Bianconeri dengan bayaran sebesar 496 ribu poundsterling atau setara Rp10 miliar per pekan.

Opsi lain dengan mendepak Aaron Ramsey sebagai pemegang gaji mingguan tertinggi kedua setelah Ronaldo, yakni sebesar 400 ribu poundsterling atau Rp8,1 miliar. "Juventus dapat dipaksa untuk menjual Cristiano Ronaldo karena dampak buruk pada keuangan mereka dari krisis coronavirus," demikian kalimat yang tertulis dalam laman Il Messagero.

"Juventus mungkin tidak mampu membayar kontrak Ronaldo yang menggiurkan bahkan ketika kondisi sepakbola kembali normal," sambung kalimat tersebut.

Sebelumnya, Ronaldo telah setuju untuk melepaskan upah empat bulan untuk membantu keuangan klub, demikian juga rekan-rekan setimnya di Juventus, bersama dengan manajer Maurizio Sarri.

Mereka telah sepakat untuk pengurangan gaji yang setara dengan pembayaran bulanan Maret, April, Mei dan Juni, yang ditetapkan untuk menyelamatkan klub sekitar 90 juta euro.

Akan tetapi upah Ronaldo yang sangat besar yakni Rp10 miliar per pekan ditambah kontrak tahunan sejumlah 27 juta poundsterling atau sekitar Rp550 miliar membuat Juventus berpikir ulang untuk mempertahankan atau memperpanjang durasi kontrak yang akan habis pada Juni 2022.

Ronaldo bergabung dengan Juventus dari Real Madrid pada 2018 dengan harga 100 juta poundsterling, tetapi sekarang ia berusia 35 tahun dan nilai transfernya akan turun. Di perkirakan harga jual Ronaldo saat ini adalah sekitar 60 - 65 juta poundsterling atau Rp1,3 triliun, menurut laporan itu.

Sebuah studi baru oleh CIES Football Observatory telah menyarankan, bagaimanapun, bahwa biaya transfer akan turun 28 persen karena dampak keuangan pada klub akibat pandemi coronavirus, yang bisa melihat nilai jual Ronaldo semakin jatuh.

Jika Juve tidak mampu membayar Ronaldo, itu juga akan membuat masa depan Aaron Ramsey diragukan. Pemain asal Wales itu adalah penghasil tertinggi kedua di klub dengan harga Rp8,1 miliar per minggu, setelah menegosiasikan kontrak besar usai meninggalkan Arsenal dengan status bebas transfer musim panas lalu.

Mantan klubnya Manchester United akan berada di dekat puncak antrian jika Ronaldo dilepas. Sedangkan Manchester City harus memiliki kekuatan finansial untuk bersaing, tergantung pada dampak sanksi FFP yang sedang berlangsung. Paris Saint-Germain yang super kaya bisa menjadi pilihan lain.

BERIKUT 5 PEMAIN JUVENTUS DENGAN GAJI TERMAHAL
POS*PEMAIN*HARGA*KETERANGAN
1*Cristiano Ronaldo*Rp10 miliar/pekan
2*Aaron Ramsey*Rp8,1 miliar/pekan
3*Matthijs de Ligt*Rp5,3 miliar/pekan
4*Douglas Costa*Rp2,7 miliar/pekan
5*Gonzalo Higuain*Rp2,6 miliar/pekan