PANDEMI GLOBAL VIRUS CORONA

MotoGP Kembali Tunda Start di Jerez

Eka
MotoGP Kembali Tunda Start di Jerez
Valentino Rossi (ist)

Jerez, HanTer - Dorna Sport selaku operator MotoGP memutuskan untuk kembali menunda start adu balap musim ini yang sebelumnya dihelat di Jerez, Spanyol, pada 3 Mei mendatang. Itu tak lepas akibat masih masifnya penyebaran pandemi global virus corona alias Covid-19.

Apalagi, Spanyol yang notabene merupakan tuan rumah seri kelima adu balap MotoGP musim ini menjadi negara terbanyak kedua Eropa setelah Italia, perihal terjangkitnya pandemi Covid-19. Dengan begitu, start akan kembali di mundurkan pada seri berikutnya, yakni di Perancis, 17 Mei mendatang.

Namun belum ada kepastian ihwal itu. Sebab Perancis juga tengah di terpa pandemi tersebut. Setelah Perancis, seri ketujuh akan bergulir di Italia, pada 31 Mei. Dimana Negeri Pizza merupakan negara terbanyak yang terjangkit virus tersebut. Bila kondisi belum memungkinkan penundaan akan berlangsung lama.

Penundaan ini diambil setelah Spanyol menjadi negara kedua di Eropa dengan jumlah kematian akibat Covid-19 terbanyak setelah Italia. Sampai berita ini diturunkan ada 3.434 korban jiwa.

“FIM, IRTA, dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan penundaan GP Spanyol. Balapan di Sirkuit Jerez seharusnya berlangsung pada 3 Mei. Karena wabah virus korona, balapan harus dijadwalkan ulang,” demikian pernyataan resmi dari MotoGP, kemarin.

Banyaknya balapan yang ditunda menyebabkan kalender MotoGP 2020 berantakan. Operator belum bisa menentukan jadwal baru karena masih harus menunggu keadaan lebih kondusif.

“Karena situasi saat ini terus berubah, tanggal baru untuk GP Spanyol belum bisa ditentukan hingga keadaan sudah jelas. Kalender yang telah direvisi akan diterbitkan sesegera mungkin,” lanjutnya.

Sebelumnya Dorna selaku operator MotoGP juga menunda jadwal GP Thailand, GP Amerika Serikat dan GP Argentina. Selain itu Dorna juga meniadakan kelas MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar. Balapan di sana hanya melibatkan tim dari kelas Moto2 dan Moto3.

Dengan begitu, GP Perancis di Sirkuit Bugatti Le Mans pada 17 Mei diperkirakan bakal menjadi balapan pertama. Namun, balapan ini juga berpotensi tak bisa digelar tepat waktu mengingat kondisi di Perancis juga masih berisiko. Apalagi negara tersebut masih melakukan lockdown.

#Motogp   #2020   #jerez   #tunda   #spanyol   #covid-19   #coronavirus