ANCAMAN LARANGAN KE LIGA CHAMPIONS

Para Rival Ramai-ramai Dukung Sanksi Man City

Eka
Para Rival Ramai-ramai Dukung Sanksi Man City
Para pemain Manchester City (ist)

Manchester, HanTer - Sejumlah rival berat Manchester City seperti Manchester United, Liverpool dan Arsenal menjadi kesebelasan yang sangat vokal untuk menjegal langkah The Citizens, julukan Manchester City, lolos dari jeratan sanksi UEFA musim depan.

Dimana saat ini Manchester City berada dalam gerbang penentuan apakah mereka akan tampil atau tidak di Liga Champions musim depan. Itu lantaran adanya pelanggaran transfer diambang batas yang melampaui aturan atau regulasi Financial Fair Play (FFP).

City dilarang berkompetisi di Eropa selama dua tahun - mulai dari musim depan - setelah UEFA mendapati klub bersalah atas pelanggaran serius terhadap FFP. Namun kubu The Citizens membantah melakukan kesalahan dan telah mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) terhadap larangan mereka.

Rupanya banding yang sedang di ajukan Manchester City membuat sejumlah klub pesaing mereka sangat khawatir akan pembatalan sanksi tersebut. Apalagi penundaan hukuman cukup berpotensi menyusul pandemi global virus corona yang bisa membuat tim Pep Guardiola bersaing di Liga Champions musim depan.

Dalam upaya untuk mencegah hal itu terjadi, delapan dari 10 top Liga Premier saat ini telah mengajukan aplikasi bersama ke CAS, menurut Daily Mail, kemarin. Daily Mail melaporkan bahwa delapan klub tersebut termasuk Liverpool, MU, Arsenal dan Chelsea.

Dalam surat itu, kedelapan klub tersebut menyatakan akan keberatan apabila hukuman ManCity ditangguhkan saat berjalannya banding. Dan salah satu sumber yang mengetahui surat tersebut mengatakan, kedelapan klub itu sudah habis kesabaran karena kecurangan Man City selama ini bisa lolos ke Liga Champions dan menjadi juara.

"Sudah terlalu lama, City bisa lolos dengan melanggar aturan dengan mengorbankan setidaknya satu klub lain yang tidak dapat masuk ke Liga Champions. Yang dikhawatirkan adalah mereka akan bisa menunda hukuman apapun," kata Sumber yang tak disebutkan namanya itu.

Saat ini Manchester City berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan poin 57. Mereka selisih 25 angka dari Liverpool di puncak klasemen. Bila tim asuhan Pep Guardiola finis di peringkat empat besar dan permintaan delapan klub itu dikabulkan CAS, jatah Man City akan ditempati peringkat kelima.

Dimana sementara ini posisi itu ditempati oleh MU yang ditempel oleh Wolverhampton Wanderers. Man City musim ini masih tampil di Liga Champions. Sergio Aguero cs sudah berhasil melenggang ke babak 16 besar. ManCity berpeluang untuk lolos ke babak perempat final setelah unggul 1-0 atas Real Madrid pada leg pertama di Santiago Bernabeu.