PANDEMI GLOBAL VIRUS CORONA

Pemain dan Legenda Berjibaku Beri Bantuan

Eka
Pemain dan Legenda Berjibaku Beri Bantuan
Lionel Messi (ist)

Catalan, HanTer - Masifnya penyebaran pandemi global virus corona alias Covid-19 membuat hati para pemain, legenda maupun stakeholder sepakbola, tergerak. Mereka berjibaku untuk memberikan kontribusi berupa sumbangan, baik bagi kebutuhan peralatan tenaga medis maupun pasien yang terjangkit.

Salah satunya dilakukan kubu Barcelona. Pemain dan legenda serta manajemen bersinergi untuk memberikan sumbangan melalui caranya masing-masing. Seperti halnya Lionel Messi. Pemain berjuluk La Pulga itu dilaporkan bersedia merogoh tabungannya sebesar 920ribu poundsterling atau Rp17 miliar.

Anggaran itu akan disumbangkan pemain berpaspor Argentina untuk membantu mendanai klinik atau rumah sakit yang merawat pasien virus. Selain itu sisanya juga akan diberikan kepada pemangku kepentingan guna melakukan penelitian agar dapat menemukan obat efektif untuk membasmi Covid-19.

Langkah tersebut tak lepas setelah Pep Guardiola turut memberikan donasi dari kantung sakunya kepada Barcelona dengan jumlah yang sama. Legenda hidup klub asal Catalan yang kini bekerja sebagai pelatih Manchester City sebelumnya menyumbangkan Rp17 miliar untuk penanganan Covid-19 di Spanyol.

Sumbangan itu disampaikan melalui Yayasan Angel Soler Daniel dan Perguruan Tinggi Kesehatan Barcelona.  “Pep Guardiola menyumbangkan satu juta euro kepada Yayasan Angel Soler Daniel untuk pengadaan alat kesehatan dalam penanganan pandemi COVID-19," demikian pernyataan tersebut dikutip Reuters, kemarin.

“Selain untuk membeli perlengkapan yang kurang di pusat kesehatan Catalunya, dana ini juga akan dipakai untuk membiayai proses produksi alternatif alat kesehatan petugas medis seperti respirator melalui cetak 3D dan berbagai metode lainnya,” sambung pernyataan tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Barcelona bekerjasama dengan manajemen juga bersepakat untuk membuka Nou Camp stadium menjadi tempat penampungan pasien penderita Covid-19. Demikian di kutip laman Marca, kemarin.

Barcelona berniat ambil bagian untuk memerangi pandemi Covid-19 yang sedang melanda Spanyol dan wilayah sekitarnya, termasuk Catalunya. Apalagi Spanyol menjadi salah satu negara Eropa yang paling terdampak penyebaran virus corona setelah Italia.