PANDEMI GLOBAL VIRUS CORONA

Utamakan Kesehatan Alasan FIFA Tunda Jadwal Internasional

Eka
Utamakan Kesehatan Alasan FIFA Tunda Jadwal Internasional
Gianni Infantino (ist)

Zurich, HanTer - FIFA selaku federasi tertinggi sepakbola dunia mengapresiasi langkah yang telah di putuskan sejumlah anggota federasinya dalam menghadapi masifnya penyebaran pandemi global virus corona alias Covid-19. Diantaranya dengan keputusan yang telah dibuat UEFA dan CONMEBOL.

UEFA selaku federasi tertinggi sepakbola Eropa telah mengikhlaskan untuk menunda hajat besar mereka, yakni Piala Eropa 2020 menjadi 2021. Selain itu, beberapa turnamen yang berada dalam tanggung jawabnya seperti Liga Champions dan Liga Europa juga di tunda dalam jangka waktu yang belum di tetapkan.

Setali tiga uang. Hal serupa dilakukan CONMEBOL selaku federasi tertinggi sepakbola Amerika Selatan. Mereka memutuskan untuk menunda lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada tahun ini serta menangguhkan hajat besar yaitu Copa America.

Melihat hal itu, UEFA dan CONMEBOL pun mendapat pujian dari FIFA. Bahkan FIFA juga memutuskan untuk menunda gelaran Piala Dunia Antar Klub. Namun belum ada wacana perihal gelaran akbar bertajuk Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Gianni Infantino selaku Presiden FIFA menyebut, kedua federasi Eropa dan Amerika Selatan mengambil langkah tepat. Sebab menurutnya, kesehatan menjadi prioritas utama dibanding dengan hal yang lainnya, baik dari sisi keuntungan finansial dan juga sebagainya.

Infantino melanjutkan, bahwa olahraga pada dasarnya digelar untuk memberikan dampak sehat bagi para pelakunya, bukan sebaliknya. "Kesehatan adalah yang utama, lalu kemudian berbicara tentang yang lainnya (prestasi dan keuntungan -red)," kata dia seperti dilansir La Gazzetta dello Sport, kemarin.

Atas dasar itu, FIFA pun tidak akan memaksakan untuk menggelar sebuah turnamen internasional apabila terjadi ancaman terhadap kesehatan seluruh anggotanya, dalam hal ini federasi setiap negara, pemain sepakbola, pelatih, suporter yang berujung mengancam kepada keluarganya masing-masing, dan lain sebagainya.

Untuk itu FIFA, jelas Infantino, masih melihat situasi dan kondisi tentang penyebaran global pandemi virus corona (Covid-19) apakah virus tersebut mampu dibasmi dengan cepat atau lambat. Terpenting, bila wabah tersebut telah hilang, pihaknya segera menyusun jadwal beberapa turnamen yang sempat mengalami penangguhan.

“Tanpa panik, mari kita tinggal dengan jelas: kita akan bermain lagi ketika kita bisa melakukannya tanpa membahayakan kesehatan siapa pun. Federasi dan Liga siap mengikuti rekomendasi dari pemerintah dan WHO," katanya.

“Solusi dalam kalender internasional harus mempertimbangkan kepentingan semua pemangku kepentingan. Itu adalah tanggung jawab FIFA. Kami akan membicarakannya dengan konfederasi, federasi, liga, klub, pemain sepak bola. Tentunya, semua orang siap untuk mengambil langkah mundur, seperti kita," tegasnya.

Ia juga tak luput mengucap rasa terimakasih atas dedikasi dari tim medis di seluruh dunia untuk membahu memerangi Covid-19. "Saya berterima kasih kepada para dokter, perawat dan semua orang yang mempertaruhkan hidup mereka untuk menyelamatkan orang lain. Mereka adalah pahlawan," jelas Infantino.