PANDEMI VIRUS CORONA

Bali United Batalkan Latihan Tertutup

Eka
Bali United Batalkan Latihan Tertutup
Para pemain Bali United (ist)

Gianyar, HanTer - Penyandang status juara Liga 1 musim lalu, Bali United memutuskan untuk membatalkan pemusatan latihan secara tertutup guna mengantisipasi masifnya penyebaran pandemi virus corona alias Covid-19 yang mulai mengancam Indonesia.

Sejatinya, tim asuhan pelatih Stefano Cugurra akan melangsungkan latihan tertutup pada Jumat (20/3/2020) kemarin. Akan tetapi pihak klub memutuskan untuk membatalkannya. Dengan demikian, masa libur para pemain Serdadu Tridatu, julukan Bali United, otomatis di perpanjang.

Selain memutuskan untuk menunda latihan, manajemen Serdadu Tridatu  juga menerapkan protokol yang berisi enam butir imbauan kepada seluruh para pemainnya. Pertama, klub mengimbau kepada para pemain agar tetap berada di rumah/mess, kecuali ada keperluan mendesak.

Para pemain juga disarankan menggunakan salam "namaste" sebagai bentuk salam kepada sesama pemain, pelatih, ofisial, dan penggemar. Kemudian, tiga poin terakhir adalah imbauan agar para pemain menjaga kesehatan dan kebersihan, serta segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat jika mengalami gejala Covid-19.

Di tempat terpisah, guna mengantisipasi terjangkitnya virus corona, PSIS Semarang melakukan langkah vaksinasi kepada seluruh pemainnya. Hal tersebut dikatakan Alfan Nur Asyhar selaku dokter kepala dari klub berjuluk Mahesa Jenar.

Ia mengatakan, pemberian vaksin ini sebagai upaya yang dilakukan selain menyeterilkan fasilitas yang dimiliki klub kebanggaan Ibu Kota Jawa Tengah ini dengan menggunakan disinfektan.

Lebih lanjut, Alfan menuturkan pemberian vaksin ini bekerja sama dengan klinik Kimia Farma Semarang kepada para pemain serta ofisial tim. "Vaksin yang diberikan meliputi Hepatitis B dan influenza," kata dia, kemarin.

Dengan pemberian vaksin ini, lanjut dia, para pemain diharapkan bisa tetap bugar dan sehat dalam menjalankan aktivitasnya. Pemilihan kedua vaksin tersebut, kata dia, didasarkan atas kebutuhan untuk menjaga imunitas tubuh para pemain.

Selain itu, menurut dia, keberadaan para pemain yang tinggal dalam satu mess menjadi salah satu faktor yang harus menjadi perhatian untuk terus dijaga kondisi kesehatannya. PSIS sendiri menjalani latihan seperti biasa meski kompetisi Liga 1 Indonesia dihentikan sementara untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.