KOMPETISI LIGA INGGRIS

UEFA Ancam Tak Restui Gelar Liverpool

Eka
UEFA Ancam Tak Restui Gelar Liverpool
Para pemain Liverpool (ist)

Nyon, HanTer - UEFA melalui Presidennya, Aleksander Ceferin menegaskan bahwa pihaknya tidak akan merestui status juara Liverpool apabila kompetisi Premier League dihentikan lantaran pandemi virus corona alias Covid-19. Tentu saja hal tersebut akan membuat kegaduhan, khususnya bagi para penggemar Liverpool.

Sebab mereka telah menantikan waktu yang sangat panjang untuk kembali mengangkat trofi Premier League selama 30 tahun. Terakhir klub yang bermarkas di Anfield Stadium itu merasakan manisnya mengangkat gelar pada 1989-1990.

Akan tetapi, impian yang telah berada didepan mata itu akan kembali gagal terwujud apabila Premier League hanya mementaskan pertandingan untuk memastikan Liverpool juara. Sebab UEFA sebagai otoritas tertinggi sepakbola di benua biru, tidak merestuinya.

"Saya telah melihat dan mendengar beberapa berita palsu lagi bahwa UEFA akan menyarankan liga untuk menyelesaikan kejuaraan sekarang dan memutuskan bahwa pemenangnya adalah orang-orang yang berada di peringkat pertama saat ini," kata Ceferin seperti dilansir laman Daily Mail, kemarin.

“Saya dapat mengatakan bahwa itu tidak benar. Tujuan kami adalah menyelesaikan liga dan kami tidak merekomendasikan hal seperti itu kepada asosiasi atau liga mana pun," tegas pria yang menggantikan peranan Michel Platini itu.

Seperti diketahui, Liverpool akan memastikan gelar juara apabila mampu meraih kemenangan dalam dua laga kedepan, meskipun Manchester City selaku rival terdekatnya mampu memenangkan semua pertandingan yang tersisa.

Apalagi UEFA telah memutuskan untuk menunda penyelenggaraan Piala Eropa 2020 menjadi 2021. Hal itu ditempuh, agar sejumlah liga di negara-negara Eropa mampu diselesaikan sebelum berkiprah ke turnamen bergengsi antar negara benua biru akibat imbas dari pandemi virus corona sampai saat ini.

Bila restu tidak keluar dari UEFA, bukan tak mungkin ini akan menjadi musim yang begitu pahit bagi tim asuhan Juergen Klopp. Sebab sebelumnya The Reds, julukan Liverpool juga kehilangan beberapa peluang gelar, seperti mempertahankan trofi Liga Champions dan dua turnamen domestik, yakni Carabao Cup dan Piala FA.

Saat ini kompetisi Premier League telah melewati 29 pekan. Dengan kata lain masih ada tujuh pertandingan yang tersisa. Sampai pekan ini Liverpool bercokol di puncak klasemen dengan mengemas 82 angka. Sedangkan Manchester City selaku pesaing terberatnya baru mengumpulkan 57 poin dari 28 laga.

KLASEMEN SEMENTARA (5 BESAR)
POS*KLUB*MAIN*M*S*K*GM-GK*P
1*Liverpool*29*27*1*1*66-21*82
2*Manchester City*28*18*3*7*68-31*57
3*Leicester City*29*16*5*8*58-28*53
4*Chelsea*29*14*6*9*51-39*48
5*Manchester United*29*12*9*8*44-30*45

#Liverpool   #premierleague   #uefa   #restu   #trofi   #ilegal   #30tahun   #anfield   #ceferin   #klopp