PIALA EROPA 2020 RESMI DITANGGUHKAN SATU TAHUN

UEFA: Kesehatan Menjadi Prioritas

Eka
UEFA: Kesehatan Menjadi Prioritas
Bola yang akan dipakai pada Piala Eropa 2020 (ilustrasi/ist)

Nyon, HanTer - UEFA selaku federasi tertinggi sepakbola Eropa akhirnya menempatkan olahraga kepada marwah dasar. Dimana kesehatan menjadi segala prioritas yang patut dijaga bersama-sama. Kemudian, barulah mengarah kepada prestasi.

Atas dasar itu, UEFA sebagai otoritas tertinggi olahraga si kulit bundar benua biru, akhirnya memutuskan untuk menagguhkan hajat besar mereka, bertajuk Piala Eropa 2020. Dimana event sepakbola bergengsi antar negara empat tahunan akan dimundurkan satu tahun menjadi pertengahan 2021.

Keputusan itu diambil UEFA setelah melakukan video conference dengan seluruh negara anggota dan juga beberapa otoritas terkait. Hal tersebut disampaikan Aleksander Ceferin selaku Ketua UEFA. Menurutnya, Covid-19 yang ditetapkan sebagai pandemi global harus ditekan penyebarannya dengan berbagai cara.

"Kami berada di pucuk pimpinan sebuah olahraga yang dihidupi dan dihirup sejumlah besar orang oleh lawan yang tak terlihat dan bergerak cepat ini (Covid-19 -red). Pada saat-saat seperti inilah komunitas sepakbola perlu menunjukkan tanggung jawab, persatuan, solidaritas dan altruisme," kata dia dilansir laman UEFA.

"Kesehatan para penggemar, staf, dan pemain harus menjadi prioritas nomor satu. Dan, dengan semangat itu, UEFA mengajukan serangkaian opsi sehingga kompetisi dapat berakhir musim ini dengan aman. Saya bangga dengan respons rekan-rekan di seluruh sepakbola Eropa."

"Adalah penting bahwa, sebagai badan pengatur sepak bola Eropa, UEFA memimpin proses dan membuat pengorbanan terbesar. Memindahkan EURO 2020 akan memakan biaya besar untuk UEFA, tetapi kami akan melakukan yang terbaik untuk kebaikan sepakbola Eropa secara keseluruhan," tegasnya.

Selain menangguhkan gelaran Piala Eropa menjadi tahun depan, UEFA juga akan mengatur ulang jadwal berbagai turnamen lain seperti Liga Champions dan Europa. Nantinya turnamen bergengsi antar klub itu akan diselaraskan dengan federasi sepakbola di masing-masing negara agar tak bentrok pelaksanaanya.

Copa Amerika Senada
Selain UEFA, CONMEBOL selaku federasi tertinggi Amerika Selatan juga memutuskan untuk menunda gelaran Copa Amerika yamg sebelumnya terjadwal tahun ini menjadi tahun depan. Hal tersebut dikatakan Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez.

"Ini adalah langkah yang luar biasa untuk situasi yang tak terduga dan menjawab kebutuhan fundamental dalam menghindarkan evolusi luar biasa dari virus itu," kata dia seperti dikutip laman Reuters, kemarin.

"Tidak mudah mengambil keputusan ini tetapi kami setiap waktu harus melindungi kesehatan pemain-pemain kami dan semua yang menjadi bagian dari keluarga besar sepakbola Amerika Selatan. Jangan ragu turnamen internasional tertua di dunia ini akan kembali dengan bertambah kuat pada 2021," pungkasnya.

Tentu saja, dengan ditundanya dua turnamen bergengsi di dua benua berdampak terhadap sejumlah event internasional FIFA selaku induk tertinggi sepakbola dunia. Meski gelaran Piala Dunia 2022 tak terpengaruh terhadap pandemi virus corona, mereka terpaksa menangguhkan kalender Piala Dunia Antar Klub pada 2021 mendatang.

#Uefa   #pialaeropa   #2020   #2021   #conmebol   #copaamerica   #2021   #covid-19   #pandemi   #viruscorona   #sepakboladunia   #fifa