WAKIL NOC JEPANG POSITIF COVID-19

IOC: Olimpiade Tokyo Tetap Sesuai Jadwal

Eka
IOC: Olimpiade Tokyo Tetap Sesuai Jadwal
Bendera logo Olimpiade (ilustrasi/ist)

Lausanne, HanTer - Sampai saat ini Komite Olimpiade Internasional (IOC) bersikeras untuk menggelar hajat besar mereka yakni Olimpiade 2020 di Tokyo sesuai jadwal. Mereka berkomitmen penuh pada acara yang dipentaskan empat bulan kedepan meskipun penyebaran global virus corona alias Covid-19.

Terlebih meski tersiar kabar terbaru dengan positifnya Wakil Ketua Komite Olimpiade Jepang, Kozo Tashima yang terjangkit Covid-19. IOC juga tak goyah setelah sepakbola Eropa dan Amerika Selatan menunda gelaran internasional mereka di tahun depan.

"IOC tetap berkomitmen penuh untuk Olimpiade Tokyo 2020, dan dengan lebih dari empat bulan sebelum Olimpiade tidak perlu ada keputusan drastis pada tahap ini. Setiap spekulasi pada saat ini akan menjadi kontra-produktif," demikian pernyataan IOC seperti dilansir website resmi mereka, kemarin.

Namun yang tengah disusun saat ini ialah penjadwalan ulang perihal kualifikasi Olimpiade 2020 yang banyak mengalami penundaan seiring dengan penghentian kegiatan oleh pemerintah mayoritas negara. Akan tetapi, IOC mengimbau agar atlet tetap mempersiapkan diri untuk berlatih.

Seperti diketahui, spekulasi tentang apakah Olimpiade dapat diadakan atau ditunda, terus menjadi perbincangan karena kekhawatiran tentang masifnya penyebaran Covid-19 yang telah menginfeksi hampir 190.000 orang dan membunuh lebih dari 7.500 di seluruh dunia.

Kompetisi olahraga terhenti di banyak bagian dunia, menimbulkan kekacauan dengan kualifikasi Olimpiade di 33 cabang olahraga. IOC pada Senin kemarin membatalkan kualifikasi tinju yang tersisa karena virus.

Sejauh ini 57% dari 11.000 atlet telah mendapatkan tempat mereka. "Untuk sisa 43% tempat, IOC akan bekerja dengan federasi internasional untuk melakukan adaptasi yang diperlukan dan praktis untuk sistem kualifikasi masing-masing untuk Tokyo 2020," kata badan Olimpiade itu.

Dikatakan kualifikasi juga bisa didasarkan pada peringkat atau hasil historis juga. "IOC memiliki keyakinan bahwa banyak tindakan yang diambil oleh banyak pihak berwenang di seluruh dunia akan membantu mengendalikan situasi virus COVID-19."

Sebelumnya pada hari itu, panitia mengatakan mereka menskalakan bagian belakang estafet obor Olimpiade karena coronavirus, tetapi penonton tetap akan diizinkan untuk menonton dari pinggir jalan.

Di tempat terpisah, kabar mengejutkan terjadi dari Jepang selaku tuan rumah penyelenggara. Wakil Ketua Komite Olimpiade Jepang Kozo Tashima mengatakan Selasa ini bahwa dia terpapar virus corona padahal selama ini muncul pertanyaan mengenai kesiapan Tokyo bisa menggelar Olimpiade Musim Panas itu dengan aman.

"Hari ini (Selasa kemarin -red), hasil tes saya menunjukkan positif untuk virus corona. Saya mengalami demam ringan. Pemeriksaan menunjukkan ada gejala pneumonia, tetapi saya baik-baik saja. Saya akan berkonsentrasi kepada perawatan setelah mendapatkan nasihat dokter," kata Tashima dikutip AFP.

#IOC   #olimpiade   #tokyo   #2020   #onthetrack   #covid-19   #viruscorona   #wakilnocjepang   #