PANDEMI CORONA BELUM HENTIKAN KOMPETISI

Gremio Gelar Aksi Protes Bermain Pakai Masker

Eka
Gremio Gelar Aksi Protes Bermain Pakai Masker
Para pemain Gremio (ist)

Porto Alegre, HanTer - Sebuah aksi unik dilakukan para pemain klub Liga Brasil, Gremio. Mereka menggunakan masket untuk menutup hidung dan mulutnya sebagai reaksi kekecewaan dan protes terhadap otoritas sepakbola setempat yang tetap menggelar pertandingan ditengah pandemi virus corona ke berbagai negara.

Aksi protes itu dilakukan ketika Gremio menghadapi Sao Luiz dalam kejuaraan Campeonato Gaucho 2020 akhir pekan lalu. Dimana Campeonato Gaucho sendiri merupakan kompetisi paling bergengsi di Rio Grande do Sul, sebuah negara bagian Brasil.

Pada pertandingan itu, tuan rumah Gremio masuk lapangan menggunakan masker. Masker tersebut terus dipakai hingga foto bersama menjelang pertandingan. Terkait aksi tersebut, Gremio ternyata memiliki alasan.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk protes agar kompetisi dihentikan sementara karena virus corona yang mulai menyerang. Apalagi saat ini di Brasil sudah ada 150 kasus positif terinfeksi virus dengan nama ilmiah Covid-19 itu.

Tak ayal bila Gremio merasa menggelar pertandingan tanpa penonton saja belum cukup. Kompetisi harus dihentikan sementara untuk menjaga keselamatan bersama. Itu seperti yang saat ini dilakukan sejumlah kompetisi di Eropa, seperti Premier League, La Liga Spanyol, Serie-A, Bundesliga Jerman dan Liga Perancis.

Paulo Luz selaku Direktur Olahraga Gremio menuturkan bahwa langkah itu sebagai bentuk protes keras, karena bagaimanapun kesehatan patut di nomorsatukan. Protes para pemain dengan menggunakan masker di lapangan merupakan dukungan kami agar kejuaraan dihentikan. Hidup harus di utamakan," cetusnya seperti dilansir UOL.

Selain Gremio, protes juga dilayangkan sejumlah klub di Amerika Selatan. Seperti hal Flamengo dan River Plate. Dari kubu Flamengo, sang pelatih bernama Jorge Jesus mengimbau agar seluruh pertandingan segera dihentikan karena mereka bukanlah seorang 'manusia super'.

Sementara di Argentina, River Plate menolak untuk memainkan pertandingan Piala Superliga melawan Atletico Tucuman pada akhir pekan lalu. Klub Buenos Aires menutup stadion mereka, meninggalkan petugas pertandingan dan delegasi dari Atletico di luar lapangan. 

#Gremio   #klub   #masker   #pemain   #covid-19   #coronavirus   #ligabrasil   #protes