PENYEBARAN COVID-19 MASIF DI TANAH ITALIA

10 Pemain Serie-A Positif Terjangkit Virus Corona

Eka
10 Pemain Serie-A Positif Terjangkit Virus Corona
Patrick Cutrone menjadi salah satu pemain yang terinfeksi covid-19

Turin, HanTer - Masifnya penyebaran pandemi virus corona atau covid-19, terkhusus di Italia turut menyasar ke sejumlah pemain sepakbola profesional, dalam hal ini para pemain yang bermain di pentas Serie-A atau Liga Italia yang notabene kompetisi bergengsi di Negeri Pizza.

Sampai Minggu (15/3/2020) kemarin, setidaknya 10 pemain Serie-A dari klub yang berbeda, positif terinfeksi covid-19. Daniele Rugani merupakan pemain pertama yang terjangkit virus dari keluarga influenza tersebut. Bek milik Juventus itu positif terkena covid-19 setelah kesebelasannya melawan Inter Milan.

Setelah itu, virus corona terus menjalar dan menyebar ke sejumlah pemain lain di Serie-A. Terbanyak dialami klub Sampdoria. Klub tersebut setidaknya mengantongi enam pemain yang terjangkit virus tersebut. Ke-6 pemain itu ialah Manolo Gabbiadini, Morten Thorsby, Albin Ekdal, Omar Colley, Antonino La Gumina dan Fabio Depaoli.

Sedangkan tiga sisanya berasal dari klub Fiorentina. Ketiga pemain tersebut ialah Dusan Vlahovic, German Pezzella dan Patrick Cutrone. Melihat masifnya penyebaran virus corona di Italia, legenda hidup Gli Azzurri, julukan Timnas Italia, Fabio Cannavaro, pun merasa sangat prihatin.

"Ya, saya khawatir, karena kita masih belum mencapai puncaknya dan kita perlu melawan dan tetap fokus dalam segala hal. Saya memikirkan kesalahan yang dilakukan dalam seminggu terakhir, ketika ribuan orang dari Lombardy melarikan diri ke selatan," kata dia dikutip laman Football Italia, kemarin.

"Saya tidak ingin mengutuk siapa pun, saya mengerti mereka yang ingin kembali ke orang yang mereka cintai, tetapi itu adalah kesalahan besar. Sekarang kita perlu menunggu seminggu lagi untuk memahami berapa banyak orang yang telah terinfeksi, dan untuk menahan saraf kita sampai puncak penyakit berlalu," jelasnya.

Valencia Tertular
Di tempat terpisah, salah satu klub La Liga alias Liga Spanyol, Valencia, turut merasakan imbas ganasnya penyebaran virus corona. Dilansir Football Italia, klub tersebut menemukan lima kasus positif covid-19 yang menyasar kepada pemain dan staf.

Salah satunya menimpa Ezequiel Garay. Bek jangkar berkebangsaan Argentina itu dinyatakan positif terinfeksi covid-19. Alhasil, pemain berusia 33 tahun tersebut menjadi pemain pertama La Liga yang terjangkit. Laporan mengatakan, masuknya virus corona setelah Valencia menjamu Atalanta di Liga Europa beberapa waktu lalu.

Hal tersebut dibenarkan sejumlah media Spanyol, termasuk Football Espana. Selain Garay, dua pemain lain yang terjangkit covid-19 diantaranya Eliaquim Mangala dan Jose Gaya. Sedangkan dua lainnya merupakan staf pelatih yang masih dirahasiakan identitasnya.

Mangala memainkan leg pertama di San Siro pada 19 Februari, tetapi cedera membuatnya absen saat melakoni leg kedua pada 10 Maret lalu dalam pertandingan tertutup di Mestalla. Sedangkan Gaya bermain 90 menit di kedua pertandingan itu melawan Atalanta.

#Serie-A   #pemain   #positif   #covid-19   #valencia   #tertular   #garay   #laliga