TEKAN PENYEBARAN PANDEMI VIRUS CORONA

Klub Liga 1 Apresiasi Keputusan PSSI Tunda Kompetisi

Eka
Klub Liga 1 Apresiasi Keputusan PSSI Tunda Kompetisi
Persib Bandung memuncaki klasemen sebelum liga 1 musim ini ditunda sementara usai membungkam PSS Sleman 2-1 di Si Jalak Harupat, kemarin (ist)

Jakarta, HanTer - Sejumlah klub, khususnya kontestan Liga 1, setuju dengan penundaan kompetisi musim ini setelah masuknya pandemi virus corona ke Indonesia. Salah satu apresiasi pun disampaikan kubu Persita Tangerang melalui manajernya, I Nyoman Suryanthara, kemarin.

Menurut dia, klub yang baru promosi ke kompetisi kasta tertinggi itu mendukung kebijakan yang diambil oleh PSSI selaku induk tertinggi sepakbola tanah air maupun PT LIB sebagai operator kompetisi dalam keputusannya menghentikan sementara kompetisi Liga 1 dan 2.

Apalagi lanjut dia, penghentian ini tidak terlalu berpengaruh bagi peserta Liga 1 karena sesuai dengan jadwal libur Liga 1, yakni mulai 16 Maret hingga 2 April mendatang.

"Kami mendukung semua kebijakan positif yang diambil oleh LIB. Apalagi ini memang untuk kepentingan dan kesehatan bersama. Kami menerima dengan baik dan positif juga keputusan ini," kata dia dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Pada akhir pekan lalu, PSSI memutuskan untuk menghentikan sementara gelaran kompetisi Liga 1 dan 2 sebagai imbas Covid-19. "Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran Virus Corona," kata Mochamad Iriawan selaku Ketum PSSI.

Keputusan itu diambil setelah PSSI melakukan rapat khusus dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di sela-sela pertandingan Liga 2 antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan.

Rapat itu diikuti pula oleh Wakil Ketua Umum PSSI sekaligus Dirut LIB Cucu Sumantri, Direktur Operasional LIB Sujarno, Direktur Bisnis LIB Rudy Kangdra, Komisaris Utama LIB Sonhadji, Komisaris LIB yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani, serta anggota Komite Eksekutif PSSI Dirk Soplanit, dan Yunus Nusi.

Keputusan PSSI disambut hangat Menpora yang pada Jumat menyatakan keputusan keberlanjutan kompetisi olahraga profesional diserahkan kepada induk masing-masing cabang olahraga.

"Itu artinya kita memperhatikan serius imbauan dari WHO maupun Kementerian Kesehatan. Ini juga sebagai bukti pemerintah berkoordinasi dengan cabang-cabang olahraga dalam penanganan terkait persebaran Virus Corona ini,” kata Zainudin Amali.

Saat ini kompetisi Liga 1 telah memasuki pekan ketiga. Di awal musim ini, Persib Bandung tancap gas dengan memuncaki tangga klasemen. Tim asuhan Robert Rene Albert mendulang poin sempurna, yakni sembilan angka usai menyapu ketiga laga dengan kemenangan, termasuk saat membungkam PSS Sleman 2-1, kemarin.

KLASEMEN SEMENTARA LIGA 1 (5 BESAR)
POS*KLUB*MAIN*M*S*K*GM-GK*P
1*Persib Bandung*3*3*0*0*7-2*9
2*Bali United*3*2*1*0*5-2*7
3*Borneo FC*3*2*0*1*6-4*6
4*Persipura*3*2*0*1*6-5*6
5*PSIS Semarang*3*2*0*1*5-4*6

#Liga1   #liga2   #ditunda   #corona   #pssi   #persib   #klasemen   #psssleman