Kompetisi Liga 1 Tetap Berjalan Ditengah Pandemi Virus Corona

Eka
Kompetisi Liga 1 Tetap Berjalan Ditengah Pandemi Virus Corona
Ilustrasi (ist)

Jakarta, HanTer - Kompetisi Liga 1 musim ini dipastikan akan terus berjalan meski badan kesehatan dunia (WHO) telah menetapkan pandemi virus corona. Hal tersebut dipastikan setelah adanya pertemuan antara Menpora Zainudin Amali dengan beberapa pihak terkait seperti PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

LIB memastikan Liga 1 dan Liga 2 musim ini masih sesuai koridor untuk tetap berjalan meski penyebaran virus corona di Tanah Air semakin mengkhawatirkan. Keputusan terbaru akan diumumkannya lebih lanjut setelah PT LIB bertemu dengan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri usai menghadiri pertemuan dengan Menpora Zainudin Amali untuk membahas nasib kompetisi sepakbola Indonesia di tengah serbuan virus corona yang mulai masuk ke Tanah Air, Jumat (13/3/2020).

"Saat ini liga terus berjalan sampai adanya keputusan. Kalau tidak jalan nanti tak ada yang diberitakan," kata Cucu.

Begitu juga dengan Liga 2 2020 yang akan mulai bergulir, Sabtu (14/3/2020) ini tetap berlangsung. Sementara kompetisi seperti Elite Pro Academy dan lain sebagainya akan masuk ke dalam pembahasan lebih lanjut.

Selain itu lanjut Cucu, PT LIB juga segera menyusun protokol atau standar prosedur operasional (SPO) untuk penyelenggaraan pertandingan-pertandingan sepakbola profesional di Indonesia. "Kami akan segera menyusun protokol/sop untuk penonton, anggota tim, dan pemain," ujarnya.

Sementara Menpora Zainudin Amali menyerahkan keputusan keberlanjutan penyelenggaraan kompetisi olahraga profesional kepada induk masing-masing cabang olahraga. Pertandingan sepakbola yang melibatkan banyak penonton merupakan salah satu cabang yang telah terkena dampak langsung dari pandemi virus corona.

Persija Jakarta tidak dapat melakukan pertandingan kandang melawan Persebaya Surabaya pada akhir pekan silam atau pekan kedua. Tim berjuluk Macan Kemayoran juga harus bermain tanpa penonton saat dijamu Bhayangkara FC di Stadion PTIK Jakarta, Sabtu (14/3/2020) ini.