KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 ZONA ASIA

PSSI Ambil Keuntungan Terkait Penundaan Laga

Eka
PSSI Ambil Keuntungan Terkait Penundaan Laga
Ketum PSSI Komjen Pol M Iriawan (kiri) dan Shin Tae Yong (ist)

Jakarta, HanTer - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengambil hikmah penting terkait penundaan pekan ke-6 lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia Grup G antara Timnas Indonesia vs Thailand yang sebelumnya dijadwalkan bergulir di Rajamangala Stadium, 26 Maret mendatang.

Penundaan jadwal pertandingan oleh AFC selaku konfederasi sepakbola Asia akibat adanya ancaman kesehatan terkait wabah virus corona menjadi keuntungan tersendiri bagi Timnas Indonesia. Hal tersebut diakui Ketua Umum PSSI, Komjen Pol Mochamad Iriawan saat melakukan kunjungan ke Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin.

Pria yang karib disapa Iwan Bule itu menuturkan, perubahan jadwal bisa membuat Timnas Indonesia memiliki waktu lebih banyak untuk memantapkan persiapan. Selain itu, Shin Tae Yong selaku juru taktik juga bisa lebih lama memantau para pemain yang bertanding di Liga 1 untuk masuk kedalam skuadnya.

"Pertandingan memang ditunda, tetapi di sisi lain, ada keuntungan waktu karena pelatih Shin bisa lebih fokus memilih pemain-pemain untuk tim nasional (Indonesia -red)," kata Iwan Bule.

Untuk itu, lanjutnya, meski AFC telah memutuskan untuk memundurkan jadwal antara Thailand vs Indonesia di Rajamangala, Bangkok, Timnas Indonesia tetap menggelar program pemusatan latihan atau training camp (TC) jangka panjang. Namun PSSI belum bisa memastikan jadwal TC lanjutan.

PSSI masih harus berkoordinasi dengan Kemenpora karena Indonesia tengah menghadapi kedatangan virus corona. "Menpora menunggu arahan dari Menteri Kesehatan. Setelah itu nanti mengabarkan ke PSSI," jelas Iwan Bule.

Seperti diketahui, AFC memundurkan jadwal tanding di sisa laga kualifikasi, khususnya Grup G. Semula skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia dijadwalkan bertandang ke markas Thailand pada 26 Maret 2020, kemudian digeser menjadi 8 Oktober 2020.

Perubahan jadwal juga terjadi pada laga berikutnya. Pertandingan antara Indonesia vs Uni Emirat Arab yang sebelumnya terjadwal 31 Maret digeser menjadi 13 Oktober. Kemudian laga tandang kontra Vietnam yang semula 4 Juni menjadi 12 November 2020.