Pemkot Jamin Bogor Half Marathon Aman dari Ancaman Virus Corona

Eka
Pemkot Jamin Bogor Half Marathon Aman dari Ancaman Virus Corona
Sesi foto usai jumpa pers Bogor Half Marathon 2020 di Lapangan Sempur, Bogor, Jawa Barat (Eka/HanTer)

Bogor, HanTer - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yakin kegiatan lomba lari internasional bertajuk Bogor Half Marathon yang rencananya digelar pada 22 Maret mendatang bebas dari ancaman wabah virus corona. 

Hal tersebut ditegaskan Bima Arya selaku Wali Kota saat menggelar jumpa pers bersama awak media di kawasan Taman Sempur, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020).

Lomba lari Bogor Half Marathon rencananya akan di ikuti sekitar 4000 peserta. Dari kesemua peserta, pelari dari sejumlah negara turut meramaikan rangkaian seri pertama yang start dan finish di Kebun Raya Bogor, Minggu (22/3/2020) mendatang. 

Meski banyak peserta dari mancanegara, Bima Arya meyakini bahwa Bogor Half Marathon akan berlangsung aman tanpa adanya desas-desus bayangan wabah virus corona atau covid-19. 

Sebab akan ada beberapa tahap screening bagi para peserta, khususnya mancanegara untuk mengikuti seri pertama rangkaian Indonesia Marathon Series (IMS) yang melombakan tiga kategori kelas, yakni 5K, 10K dan 21K itu.

"Kota Bogor mengikuti semua aturan dan kebijakan yang sudah disampaikan pemerintah pusat terkait dengan antisipasi virus corona, termasuk ketika ada perhelatan yang melibatkan tamu-tamu internasional," kata Bima Arya dalam keterangan pers di Lapangan Sempur, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020).

"Semua akan ada protapnya. Ketika datang, mereka akan di tes kesehatan dan bila dinyatakan sehat, ya silahkan. Jadi ada screening pertama dari pemerintah pusat. Kemudian screening kedua, ketika peserta luar mendaftar kembali, nanti akan ada test lagi. Di cek lagi semua kesehatan dan lainnya."

"Dan kita pastikan semua yang mengikuti Bogor Half Marathon ini kondisinya fit 100 persen. Itu poin utamanya. Yang kedua, kota Bogor sudah membangun sistem kewaspadaan melalui instruksi wali kota ke seluruh puskesmas dan rumah sakit agar menyiapkan mekanisme kewaspadaan. Jadi sudah ada protapnya," papar dia.

Seperti diketahui, Bogor menjadi seri pembuka IMS 2020. Setelah itu akan ada tiga rangkaian seri lagi yang bergulir. Ketiga wilayah tersebut antara lain Cirebon, Bandung dan Jakarta sebagai seri keempat atau penutup di tahun ini.

Saat ini panitia sendiri telah menutup pendaftaran. Dimana ada 4000 peserta yang meramaikan Bogor Half Marathon 2020. Selain runners lokal, event tersebut juga dihadiri berbagai pelari dari mancanegara, termasuk China.

"Untuk peserta internasional saat ini yang terdaftar di kami ada 56 dari berbagai negara. Ada dari Belanda, Kenya, Jepang, Korea Selatan, Perancis, Filipina, Amerika Serikat, Kolombia, Lebanon, Australia, Kanada, Jerman dan juga ada dari China," kata Julia Nurdin selaku Kepala Acara Bogor Half Marathon 2020 di tempat yang sama.

#Bogorhalfmarathon2020   #bogor   #bimaarya   #lari   #ims   #umkm   #rocca   #sempur   #viruscorona   #covid19