Bogor Tuan Rumah Half Marathon Seri Pembuka IMS 2020

Eka
Bogor Tuan Rumah Half Marathon Seri Pembuka IMS 2020
Wali Kota Bima Arya bersama komunitas runners Bogor menutup jumpa pers dengan berlari bersama di Lapangan Sempur (Eka/HanTer)

Bogor, HanTer - Bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Rocca Karya Indonesia dan Komunitas Lari F1 Runners akan menggelar lomba lari bertajuk Bogor Half Marathon 2020 yang akan diselenggarakan pada 22 Maret mendatang.

Bogor Half Marathon 2020 dibawah naungan Indonesian Marathon Series merupakan sebuah acara lari yang mengangkat dua pesan utama yaitu ‘Bogor untuk Semua’ dan ‘Bogor City of Runners’ sebagai dasar untuk memberikan pengalaman istimewa bagi para pelari yang juga mendukung upaya sport tourism.

Indonesian Marathon Series (IMS) telah dibentuk sejak 2016 dengan tujuan untuk menciptakan event lomba lari di Indonesia yang memberikan dampak sejumlah sektor, seperti ekonomi, sosial, dan lingkungan di kota dimana IMS berlangsung.

Di tahun 2020, Indonesia Marathon Series akan diadakan di 4 kota di Indonesia. Kota pertama yang membuka rangkaian IMS adalah Kota Bogor dengan Bogor Half Marathon 2020. Kemudian disusul Cirebon, Bandung dan Jakarta. Acara ini tidak hanya melibatkan penyelenggara acara, namun juga mengajak masyarakat, komunitas, sekolah, dan pelaku UMKM di sekitar Bogor untuk ikut berpartisipasi dalam Bogor Half Marathon 2020 .

Bogor Half Marathon 2020 sebagai pembuka dari kegiatan Indonesian Marathon Series membawa pesan yaitu ‘Bogor untuk Semua’, dimana Bogor Half Marathon 2020 sebagai event lokal dengan standar yang berbeda dari acara lari lainnya dengan mengacu pada standar internasional sebagai syarat utamanya.

Salah satunya penggunaan aplikasi panic button, yaitu aplikasi yang dapat menghubungkan peserta lomba dengan pusat komunikasi medik, dengan tujuan untuk meningkatkan keselamatan para pelari saat mengikuti lomba. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu pelari yang terkena sakit atau kecelakaan saat di dalam rute, agar mendapat bantuan secara cepat dan tepat.

Selain itu, juga dapat mendeteksi titik darurat kecelakaan agar tim medis dan mobil ambulans bisa lebih cepat mencapai lokasi peserta yang sakit atau cedera. Setidaknya ada 100 pelari dan panitia telah mendapat pelatihan dasar cara menangani korban agar bisa membantu proses penanganan secara mendadak ketika dibutuhkan dalam keadaan darurat.

Bogor Half Marathon 2020 juga mengusung upaya ramah lingkungan yang mendukung program pemerintah Bogor Tanpa Kantong Plastik, dimana plastic cup pada hydration point akan diganti dengan paper cup dan sebagian pelari akan diajak membawa botol minum isi ulang agar meminimalisir pemakaian plastik dalam acara ini.

Program pemberdayaan warga lokal adalah salah satu perwujudan nyata dari upaya ‘Bogor untuk Semua’. Tidak hanya pihak penyelenggara, namun masyarakat juga dilibatkan. Identitas personaliti Kota Bogor tercerminkan dari warga lokal sebagai tuan rumah Kota Bogor.

Hal ini meliputi pelaku UKM Bogor, komunitas seni budaya lokal, dan sekolah-sekolah untuk ikut berpartisipasi dalam menyambut pelari. UKM Bogor sudah dilatih, diseleksi, dan dipilih menurut kriteria agar memenuhi standar yang dilibatkan dalam dua hal.

Pertama, menjadi pembuat Official Bogor Half Marathon Souvenir dan menjadi tenant di Bogor Half Marathon Race Expo yang produknya dapat dinikmati dan dibeli oleh pelari. Selain itu, para komunitas dan sekolah akan dilibatkan dalam kegiatan Cheering Squad.

Cheering Squad adalah sekumpulan pendukung cheering yang menyemangati para pelari melewati perjalanan rute berkilo-kilo meter. Setiap Cheering Squad akan dipandu untuk menunjukan kreativitasnya menyemangati para tamu pelari.

Bogor Half Marathon juga mengangkat pesan lain, yaitu ‘Bogor City of Runners’ yang berkesinambungan dengan program pemerintah Bogor, yaitu #BogorBerlari. Kota Bogor sudah menyiapkan infrastruktur fasilitas pendukung yang nyaman bagi pelari.

Pengalaman berlari dengan udara sejuk segar, melintasi suasana asri alam Kebun Raya, dengan fasilitas trek rute yang memadai; menghasilkan pengalaman istimewa bagi para pelari. Disaat yang sama, aparat terus bekerja meningkatkan Kota Bogor menuju mimpi sejahtera dengan #BogorBerlari.

Acara dilanjutkan dengan menampilkan desain medali dan jersey pelari yang memakai motif batik khas Bogor. Motif batik khas Bogor mengangkat corak flora dan fauna khas Bogor sebagai simbol dari Ikon Kota Bogor dan Kebun Raya Bogor.

Sedangkan corak awan melambangkan sebutan Bogor sebagai Kota Hujan. Selain itu, juga dijelaskan rute Bogor Half Marathon kategori 5K, 10K, dan 21K yang akan dilalui oleh peserta lari.

“Kami percaya sebuah kesuksesan acara adalah karena pengalaman dari semua pihak yang terlibat, baik dari pihak penyelenggara, peserta maupun masyarakat. Kami mengupayakan pengalaman terbaik untuk pelari dari mulai mereka mendaftar sampai finish di ujung acara.” ujar Kepala Acara Bogor Half Marathon 2020, Julia Nurdin dalam jumpa pers di Kawasan Taman Sempur, Bogor, Kamis (5/3/2020).

Ditempat yang sama, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, selain meningkatkan kebugaran, khususnya masyarakat Bogor, ia juga berharap Bogor Half Marathon mampu mendongkrak aspek ekonomi di Kota Hujan.

"Ini satu kolaborasi yg sangat langka di dunia lari Indonesia yang di inisiasi bersama Rocca. Dan ini sebagai satu moment bukan hanya untuk pelari saja, tetapi memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat kota Bogor. Karena disini juga akan ada kontes UMKM se-kota bogor," jelasnya.

#Bogorhalfmarathon2020   #bogor   #bimaarya   #lari   #ims   #umkm   #rocca   #sempur