DAMPAK WABAH VIRUS CORONA

Agenda Uji Coba Tertunda, Timnas Italia Mulai Diasingkan di Eropa

Eka
Agenda Uji Coba Tertunda, Timnas Italia Mulai Diasingkan di Eropa
Para pemain Timnas Italia (ist)

London, HanTer - Italia menjadi negara Eropa pertama yang terkena dampak mewabahnya virus corona. Hal itu pun membuat negara tersebut mulai di kucilkan serta diasingkan sejumlah negara benua biru. Dampak menyambar terhadap serangkaian laga uji coba internasional mereka.

Sebelum mengarungi gelaran Piala Eropa pada Juni mendatang, Timnas Italia akan melakoni beberapa rangkaian uji coba. Seperti dilansir laman Soccerway, tim asuhan pelatih Roberto Mancini diagendakan menjalani lima laga uji coba sebagai ajang pemantapan jelang menjalani perhelatan akbar turnamen sepakbola antar negara Eropa.

Terdekat, dengan melawan Inggris. Dijadwalkan laga Italia versus Inggris semula akan tersaji di Wembley Stadium pada 28 Maret mendatang. Akan tetapi FA selaku federasi tertinggi sepakbola Inggris mulai berpikir dua kali terhadap rangkaian uji coba tersebut. 

Dimana hal itu akan berdampak terhadap singgahnya virus corona ke negara mereka. Apalagi FA melaporkan pertandingan uji coba nanti direncanakan akan ada ekspansi besar-besaran dari para pendukung Timnas Italia guna memberikan dukungan penuh terhadap tanah kelahirannya saat bentrok di Wembley, London.

Menyikapi hal tersebut, FA pun akan mengadakan pembicaraan mendesak tentang dampak virus corona pada laga persahabatan antara Inggris melawan Italia di Wembley. Demikian laporan seperti yang disampaikan laman Daily Mail, Rabu (26/2/2020) kemarin.

Selain Inggris, negara bagian lain di Britania Raya, yakni Irlandia telah lebih dulu memutuskan untuk membatalkan pertandingan kontra Italia. Dimana sebelumnya dijadwal bahwa Gli Azzurri, julukan Timnas Italia, akan melakoni turnamen bersama enam negara bagian di Irlandia. 

Nantinya Federasi Sepakbola Irlandia (IRFU) akan mengatur jadwal ulang terkait turnamen tersebut. Hal itu dikatakan Philip Browne selaku Ketua IRFU. "Kami melakukan pertemuan yang sangat positif dengan [menteri kesehatan Irlandia] Mr [Simon] Harris dan penasihatnya di mana kami meminta instruksi tentang turnamen internasional Irlandia vs Italia selama akhir pekan 8 Maret nanti," jelasnya.

"Pada pertemuan tersebut kami diberitahu bahwa tim darurat kesehatan masyarakat nasional telah menentukan bahwa rangkaian pertandingan tidak boleh dilanjutkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat."

"IRFU sangat senang mematuhi instruksi ini. Kami akan segera mulai bekerja dengan mitra Enam Negara kami untuk melihat kemungkinan menjadwal ulang tiga pertandingan. Dan sampai saat ini turnamen tidak boleh dilanjutkan," tegas Browne. 

Lebih dari 370 orang telah didiagnosis dengan virus di Italia, dengan hampir 12 kota dikarantina. Dua belas orang diketahui telah meninggal dunia. Menyikapi wabah corona yang masuk ke Italia, UEFA pun mengikuti keputusan dari otoritas masing-masing negara, termasuk Italia yang akan menjadi salah satu tuam rumah Piala Eropa 2020.

"Kami sedang menunggu. Kami memantau negara demi negara, dan sepak bola harus mengikuti perintah masing-masing negara. Pertandingan olahraga hanya akan dilakukan tertutup jika situasinya memburuk," jelas Michele Uva selaku Komite Eksekutif UEFA dikutip Rai Sport.

Seperti diketahui, dalam gelaran Piala Eropa 2020, kota Roma dipercaya menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara. Roma, yang belum terpengaruh sejauh ini, akan mengadakan tiga pertandingan penyisihan grup dan satu perempat final pada Juni dan Juli.