JELANG MOTOGP INDONESIA 2021

The Doctor Diharap Tak Pensiun Tahun Depan

Eka
The Doctor Diharap Tak Pensiun Tahun Depan
Valentino Rossi (ist)

Jakarta, HanTer - Masa depan Valentino Rossi untuk kembali mengarungi balap pada musim 2021 masih suram. Itu tak lepas setelah pebalap berjuluk The Doctor belum mendapat perpanjangan kontrak dari Monster Yamaha selaku konstruktornya. 

Sebaliknya, pabrikan asal Jepang itu telah meliri Fabio Quartararo untuk mendampingin peranan Maverick Vinales pada 2021. Sedangkan Rossi diwacanakan akan dilempat ke tim satelit Yamaha, bersama Petronas Racing. 

Namun kesemuanya masih sebatas rumor. Sebab The Doctor juga belum mengklarifikasi ihwal wacana tersebut, khususnya berlabuh ke tim Petronas Racing yang notabene masih menggunakan mesin dari pabrikan Yamaha.

Kini hanya ada dua pilihan bagi Rossi, mencari tim baru atau memutuskan untuk pensiun pada ajang balap MotoGP 2021. Tentu saja, bila pilihan kedua diputuskan, yakni pensiun, maka wajahnya pun dipastikan tak nampak saat mengarungi adu balap di GP Indonesia.

Dimana Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara yang dipercaya Dorna selaku operator pada MotoGP 2021. Adalah Sirkuit Kuta Mandalika, yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai tempat perhelatan GP Indonesia 2021.

Indonesia yang notabene mempunyai fans base besar terhadap Valentino Rossi pun cukup merugi apabila pebalap berkebangsaan Italia itu memutuskan pensiun. Apalagi Rossi sendiri diyakini masih mempunyai magnet khusus pada perhelatan adu balap bergengsi roda dua sejagat itu.

Ricky Baheramsjah selaku Chief Executive Officer (CEO) Mandalika Grand Prix Association (MGPA) tak bisa membayangi terhadap dampak apabila The Doctor memutuskan pensiun pada 2021. 

Ricky Baheramsjah selaku CEO Mandalika Grand Prix Association (Eka/HanTer)

Untuk itu dirinya berharap sang rider terus mengaspal pada musim depan. "Dia adalah pebalap ikonik, dia legenda," kata Ricky ketika ditemui di Jakarta, kemarin.

"Jadi apapun akan saya lakukan untuk mendatangkannya ke Indonesia. Saya yakin dia akan ada disana, jika tidak, ya saya akan membawanya kesana. Karena kita tahu Rossi merupakan tokoh penting dalam MotoGP. Kita akan membuatnya penasaran dengan lintasan baru berkonsep sirkuit jalanan pertama di MotoGP," tuturnya.

Kendati begitu, Ricky menganggap meskipun Rossi membulatkan tekad pensiun dan gagal mengaspal di Mandalika, keseruan adu balap MotoGP tidak akan pudar. Apalagi saat ini telah lahir beberapa wajah baru yang meramaikan gelaran balap roda dua papan atas, seperti Alex Marquez.

Seperti diketahui MotoGP Indonesia 2021 yang diadakan di Sirkuit Mandalika akan menjadi event balap MotoGP pertama yang digelar di sirkuit jalan raya. Lintasan itu mempunyai panjang 4,32 km dengan menyuguhkan 18 tikungan. Meski pengerjaan baru 30 persen, pihak MGPA yakin sirkuit rampung pada akhir 2020.