KOMPETISI LIGA INGGRIS

The Reds Samakan Rekor Kemenangan Man City

Eka
The Reds Samakan Rekor Kemenangan Man City
Selebrasi para pemain Liverpool (ist)

Liverpool, HanTer - Kemenangan yang dipetik Liverpool usai menumbangkan West Ham United dengan skor akhir 3-2 dalam lanjutan kompetisi Premier League pekan ke-27 di Anfield Stadium, Selasa (25/2/2020) kemarin mengantarkan mereka menyamakan rekor rival abadinya, Manchester City.

Tiga angka saat tampil di kandang sendiri membuat Liverpool berhasil mencatatkan kemenangan ke-18-nya secara berturut-turut di pentas Premier League. Sebelumnya hal tersebut telah dicatatkan Manchester City saat mengarungi kompetisi Liga Inggris yang didapat sejak Agustus sampai Desember 2017.

Tentu saja Juergen Klopp selaku juru taktik merasa bangga dan bahagia atas penyamaan catatan tersebut. Apalagi kini mereka berpeluang untuk melalui catatan positif The Citizens, julukan Manchester City apabila mampu memenangkan permainan pekan depan saat bertandang ke markas Watford, 1 Maret mendatang.

"Ini sangat istimewa. Jumlahnya luar biasa, sangat sulit. Saya katakan kami ingin menulis cerita kami sendiri, membuat sejarah kami sendiri. Jelas, anak-anak menganggap itu sangat serius dan itu semua keren tapi tidak terlalu penting saat ini," kata juru taktik berkebangsaan Jerman seperti dilansir laman BBC Sport, kemarin.

Terakhir kali Liverpool kehilangan poin di liga saat bermain imbang 1-1 dengan Manchester United pada 20 Oktober 2019. Kemenangan atas West Ham di Anfield, tempat kiper Lukasz Fabianski menderita mimpi buruk, membawa Liverpool meraih empat kemenangan dari gelar liga pertama mereka dalam 30 tahun.

The Reds, julukan Liverpool, memimpin lebih dulu ketika Fabianski gagal menghadapi sundulan Georginio Wijnaldum. Tetapi tim asuhan David Moyes menjawab melalui sundulan Issa Diop dan kemudian pemain pengganti Pablo Fornals membuat West Ham unggul sembilan menit setelah jeda.

Tetapi Fabianski secara tak terduga membiarkan tembakan Mohamed Salah menggeliat-geliat di kakinya pada menit ke-68 dan Sadio Mane membalikkan lob Trent Alexander-Arnold dengan sembilan menit tersisa untuk menyelesaikan comeback. Itu berarti Liverpool unggul 22 poin dari juara bertahan City di puncak klasemen.

"Saya tidak mungkin menginginkan posisi yang lebih baik untuk masuk ke 11 pertandingan terakhir ini," tambah Klopp. "Saya tidak pernah berpikir itu mungkin tetapi masing-masing dari [kemenangan itu] benar-benar sulit," pungkasnya.