Siapkan Atlet Menuju Olimpiade Menjadi Pesan Menpora dalam Membuka Rakernas PRSI 2020

Hermansyah
Siapkan Atlet Menuju Olimpiade Menjadi Pesan Menpora dalam Membuka Rakernas PRSI 2020
Menpora Zainudin Amali saat membuka Rakernas PRSI 2020

Jakarta, HanTer - Menpora Zainudin Amali didampingi Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti bersama Ketua Umum PB PRSI Anindya Novyan Bakrie membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV 2020 Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) periode 2016-2020 di Hotel Four Points, Jakarta, Jumat (21/2/2020) malam.

Menpora berharap melalui Rakernas IV PB PRSI dapat dijadikan momentum untuk melakukan evaluasi perjalanan PRSI selama setahun dan untuk mempersiapkan langkah-langkah apa yang akan dilakukan satu tahun kedepan.

"Saya kira ini menjadi tempat evaluasi perjalanan organisasi, prestasi yang sudah ada pertahankan dan tingkatkan terlabih akan ada PON XX Papua, olimpiade, SEA Games 2021, Asian Games 2022 dan seterusnya," ujar Menpora.

Menpora menggaris bawahi pentingnya pembinaan atlet usia dini karena kebutuhan akan atlet muda didepan akan sangat besar untuk itu Menpora berharap talenta-talenta muda yang bisa didapatkan di provinsi bisa segera dilakukan pemantauan dan talent scouting. 

"Pemerintah mendorong dan memberikan dukungan penuh untuk pembinaan atlet usia dini karena terlebih Indonesia serius mengikuti biding Olimpiade 2032 agar sumber atlet terus ada," kata Menpora.

Pemerintah lanjutnya, tidak membiarkan PRSI berjalan sendri, pemerintah dan cabang olahraga akan saling mengisi dan bekerjasama. "Jika ada persoalan segera komunikasikan dengan pemerintah semampu pemerintah akan terus memberikan dukungan," kata Menpora dalam sambutannya. 

Presiden menurut Menpora, sangat memberikan perhatian besar kepada dunia olahraga dan berharap ditahun ini dibangun lima training center untuk cabang olimpiade. "Semoga renang menjadi salah satu rekomendasi itu Presiden berharap agar pemerintah segera membuat training center dengan fasilitas selengkap mungkin mulai dokter hingga psikolognya," urainya.

Menpora juga berharap melalui Rakernas PRSI dapat memberikan masukan atau saran kepada pemerintah untuk digunakan bahan dalam rencana revisi UU SKN. "Kita harap Agustus nanti kita bisa punya UU SKN yang lebih komprehensif sehingga kebijakan keolahrahaan kedepan semakin baik dan akan lahir prestasi-prestasi membanggakan," harap Menpora. 

Ketua PB PRSI Anindya Novyan Bakrie mengajak melalui Rakernas dijadikan sebagai ajang evaluasi dan pembinaan atlet muda. "Mari kita bersama-sama melalui Rakernas ini kita evaluasi bukan saja prestasinya saja tetapi juga pembinaan bibit-bibit atlet muda," ajaknya pada acara yang mengambil tema dengan semangat Olimpiade 2020 kita tingkatkan prestasi cabang akuatik nasional pada PON XX 2020.