Badminton Asia Team Championships 2020

Tim Putra Bulutangkis Indonesia Catat Hattrick Juara Beregu Asia

Hermansyah
Tim Putra Bulutangkis Indonesia Catat Hattrick Juara Beregu Asia
Tim putra Indonesia untuk keytiga kalinya secara beruntun juara di kejuaraan beregu Asia

Manila, HanTer - Tim bulutangkis putra Indonesia berhasil mencetak juara untuk ketiga kalinya secara beruntun di ajang Badminton Asia Team Championships 2020, setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1, ketika berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Minggu (16/2/2020).

Kemenangan Indonesia ditentukan oleh ganda putra Mohammad Ahsan/Fajar Alfian setelah menaklukkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan skor 21-18 dan 21-17, namun angka pertama bagi pasukan Merah-Putih, tercipta dari penampilan Anthony Sinisuka Ginting saat menundukkan Lee Zii Jia dengan skor 22-20 dan 21-16.

Poin kedua bagi Indonesia, tercipta dari kolaborasi apik ranking satu dunia saat ini Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang menghempaskan asa Aaron Chia/Soh Wooi Yik melalui permainan straight game dengan skor 22-20 dan 21-16.

Namun sayang, langkah Jonatan Christie untuk melakukan seleberasi bagi tim Indonesia, dipatahkan oleh keuletan permainan Cheam June Wei dengan skor 16-21, 21-17 dan 22-24, sehingga partai keempat yang mempertemukan Mohammad Ahsan/Fajar Alfian kontra Ong Yew Sin/Teo Ee Yi harus dimainkan.

Meskipun tak bermain dengan pasangan tetap, namun kombinasi Ahsan/Fajar bisa mengatasi perlawana Og/Teo yang saat ini tengah menanjak. Sempat saling berkejaran angka di interval game kedua dalam kedudukan 11-11, Ahsan/Fajar akhirnya menuntaskan pertandingan dan memastikan kemenangan tim Indonesia. 

"Kami mengucap syukur alhamdulillah bisa jadi penentu, tim Indonesia bisa jadi juara beregu Asia lagi untuk yang ketiga kalinya berturut-turut," kata Ahsan setelah pertandinga. 

"Tadi saya sempat bingung waktu di partai ketiga, apakah Jonatan (Christie) bisa menang atau tidak. Tapi sudah siap dengan kondisi apa pun. Saya sempat nervous berpasangan sama bang Ahsan, mainnya harus bagaimana. Tapi bang Ahsan banyak kasih masuka buat saya, jadi saya enjoy saja," kata Fajar.

Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti, memuji penampilan tim putra Indonesia. "Luar biasa, hari ini semua lebih siap dibanding kemarin di semifinal. Hari ini lebih yakin karena di SEA Games 2019 kan menang juga dari Malaysia. Saya lihat pelatih dan pemain keyakinannya lebih besar. Perjuangan mereka luar biasa, sudah menunjukkan yang terbaik," kata Susy.

"Jonatan sudah berusaha, tapi di akhir dia kurang beruntung. Seharusnya kami bisa menang 3-0. Untuk Ahsan/Fajar kenapa dipasangkan, karena kami mempertimbangkan kondisi terakhir atlet dan head to head dengan lawan, makanya diputuskan Ahsan/Fajar yang paling siap," pungkasnya.

Sementara itu di tim putri, Jepang menjadi juara setelah mengalahkan Korea dengan skor 3-0. 

Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia merupakan kejuaraan bulu tangkis internasional untuk nomor beregu putra dan putri yang diikuti oleh negara Konfederasi Bulu Tangkis Asia. Turnamen ini juga digunakan sebagai kualifikasi untuk Piala Thomas dan Piala Uber yang diadakan oleh Konfederasi Bulu Tangkis Asia. 

Kejuaraan ini untuk pertama kali berlangsung di Hyderabad, India, pada 2016 lalu yang diikuti oleh 14 negara, seperti China, Hongkong, Indonesia, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Maladewa, Nepal,Filipina,Singapura,Sri Lanka,Thailand dan Taiwan, pada saat itu tim putra Merah-Putih tampil sebagai juara.

Tren positif tersebut terus memihak kepada Indonesia pada edisi kedua tahun 2018 di Alor Setar, Malaysia, hingga pelaksanaan di Manila, Filipina tahun 2020 ini. Sehingga tim putra Indonesia sukses mencetakkan Hattrick kemenangan, sejak perhelatan ini digelar.

Berikut hasil lengkap pertandingan final antara Indonesia melawan Malaysia (3-1): 

Anthony Sinisuka Ginting vs Lee Zii Jia 22-20, 21-16
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik 22-20, 21-16
Jonatan Christie vs Cheam June Wei 16-21, 21-17, 22-24
Mohammad Ahsan/Fajar Alfian vs Ong Yew Sin/Teo Ee Yi 21-18, 21-17
Shesar Hiren Rhustavito vs Leong Jun Hao - tidak dimainkan