KUASAI TES PRAMUSIM MOTOGP 2020 SEPANG

Quartararo Enggan Jemawa Tatap Musim Baru

Eka
Quartararo Enggan Jemawa Tatap Musim Baru
Fabio Quartararo

Sepang, HanTer - Kecepatan seorang Fabio Quartararo belum terhentikan saat menunggangi tim satelit Yamaha Petronas. Itu dibuktikan setelah pebalap berkebangsaan Perancis menguasai jalannya tes pramusim pertama MotoGP 2020 selama tiga hari yang berakhir di Sirkuit Sepang, Malaysia, kemarin.

Dilansir laman Crash, Minggu (9/2/2020) kemarin, Quartararo menguasai jalannya tes pramusim selama tiga hari dengan membukukkan total waktu 1 menit 58,349 detik. Ia mengasapi sejumlah para pesaing termasuk pebalap kelas atas seperti Marc Marquez, Andrea Dovizioso serta Valentino Rossi.

Performa Quartararo pada tes pertama pramusim MotoGP 2020 membuka harapan terhadap pabrikan Jepang untuk memanaskan kembali persaingan merebut trofi juara. Meski begitu, sang pebalap enggan jemawa atas capaian yang ditorehkan di Sepang.

Ia justru mengakui masih memerlukan beberapa perbaikan agar tunggangannya mampu berpacu secara sempurna pada race pertama MotoGP musim ini yang berlangsung di Losail, Qatar, Maret mendatang.

"Tentu saja, kita berharap ketika tiba di Qatar berada dalam kecepatan yang sama. Yang paling penting adalah akselerasi. Kita masih perlu mengatur sistem elektronik agar lebih baik," ujar pebalap yang menggunakan mesin terbaru Factory Spec.

Seperti diketahui, dalam tes pramusim kali ini, Cal Cruthlow dari LCR Honda membuntuti Quartararo dengan terpaut 0.082 detik. Kemudian disusul Alex Rins yang menunggangi Suzuki Ecstar. Peringkat empat dihuni Francesco Bagnaia dari Pramac Ducati.

Sementara Valentino Rossi dari tim Monster Energy Yamaha MotoGP meraih hasil terbaiknya selama tiga hari tes dengan finis peringkat lima, 0,192 detik dari Quartararo. Juara dunia MotoGP tiga kali Jorge Lorenzo meneruskan tugasnya sebagai pebalap uji Yamaha menunggangi M1 di hari terakhir tes.

Danilo Petrucci kali ini menjadi pebalap Ducati tercepat di peringkat enam, mengungguli Pol Espargaro dari KTM dan Jack Miller dari tim satelit Pramac Ducati. Aleix Espargaro cukup cepat dengan mesin Aprilia, terpaut 0,345 detik dari pemuncak sesi, di peringkat sembilan.

Berikutnya, Joan Mir melengkapi peringkat sepuluh besar dengan mesin Suzuki. Satu lagi tes pramusim akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar, sebelum seri pembuka musim 2020 yang digelar di lokasi yang sama pada 8 Maret nanti.

Rossi sendiri mengaku puas atas capaiannya menduduki peringkat lima. Sebab pada hari terakhirnya, ia mampu menembus satu menit 58 detik, memperbaiki catatan waktu yang ia raih di dua hari sebelumnya di mana ia berturut-turut finis peringkat ke-10.

"Kami cukup puas dengan tiga hari ini. Hari ini hari yang baik. Aku mencetak waktu yang sangat baik di time attack. Pertama kali bagiku menembus 58, jadi ini positif karena kami juga di P5," kata Rossi seperti dilansir laman resmi MotoGP.

"Kami menggarap cukup banyak hal seperti di kecepatan dan beberapa hal lainnya. Tapi kami masih harus berbenah karena yang para pebalap lain juga cepat, tapi tiga hari ini positif," jelas pebalap berjuluk The Doctor itu.

STATISTIK QUARTARARO
BALAP: 88
MENANG: 1
POLE: 9
JUARA: -

HASIL TES PRAMUSIM 2020 (5 Besar):
POS*PEBALAP*NEGARA*TIM*WAKTU
1*Fabio Quartararo*Perancis*Petronas Yamaha*1m 58.349s
2*Cal Crutchlow*Inggris*LCR Honda*+0.082s
3*Alex Rins*Spanyol*Suzuki Ecstar*+0.101s
4*Francesco Bagnaia*Italia*Pramac Ducati*+0.153s
5*Valentino Rossi*Italia*Monster Yamaha*+0.192s