IBL Pertamax 2020

Manfaatkan Situasi, Pelita Jaya Tundukkan NSH 

Hermansyah
Manfaatkan Situasi, Pelita Jaya Tundukkan NSH 
Guard Pelita Jaya Bakrie, Michael Murray (kiri) berupaya memasukan bola yang dihadang salahsaorang pemain NSH Jakarta, saat Seri IV yang berlangsung di GOR Among Rogo Yogyakarta, Jumat (7/2/2020)

Yogyakarta, HanTer - Tim basket Pelita Jaya Bakrie kembali menuai kemenangan. Menghadapi NSH Jakarta di IBL Pertamax 2020 Seri IV yang berlangsung di GOR Among Rogo Yogyakarta, Jumat (7/2/2020), tim besutan Ocky Tamtelahitu menang dengan skor 78-70.

Dua pemain impor Pelita Jaya seperti Dior Lowhorn dan Michael Murray, sama-sama mengoleksi 27 poin. Namun 27 angka yang dicetak Murray, di mana 13 diantaranya dibuat pada kuarter terakhir, sangat berpengaruh untuk kemenangan Pelita Jaya. “Saya hanya menjalankan instruksi pelatih untuk bermain lebih agresif,” kata Murray seusai pertandingan.

Pelatih Pelita Jaya, Ocky Tamtelahitu mengakuinya. “Situasi yang membuat demikian. Foul troublenya pemain asing NSH memberi keuntungan, Mike (Murray) dijaga pemain lokal lawan dan kami memanfaatkan,” kata Ocky. 

Tiga pemain asing NSH, Michael Glover, Jordan Madrid Andrews dan Dashaun Wiggins memang mengalami fouled trouble. “Situasi game sangat menentukan. Jika kembali bertemu saya yakin pertandingan juga akan ramai,” kata Ocky.

Pertemuan dua big man andal, Dior Lowhorn (Pelita Jaya) melawan Michael Glover (NSH) juga menjadi magnet menarik. “Match up seperti ini yang membuat game menjadi menarik,” tutur Ocky.

Sementara itu, pelatih NSH, AF Rinaldo, mengakui foul trouble pemain impornya cukup menyulitkan. “Game sebenarnya berjalan baik. Eksekusi kami kurang baik. Kuarter terakhir Murray dan tembakan tiga angka Pelita dari Valentino Wuwungan memang menjadi momentum buat lawan,” katanya.

“Kami sudah tahu dari awal, gim ini akan sengit. Saya sudah pernah berhadapan dengan Dior di PBA (Filipina). Dia bagus. Kekalahan akan jadi pengalaman berharga bila nanti kami berhadapan kembali dengan mereka,” kata Glover. Dia berjanji akan lebih tangguh pada hari terakhir melawan Bank BPD DIY Bima Perkasa, Sabtu 8 Februari.

Ini menjadi kemenangan ke tujuh bagi Pelita Jaya dari delapan laga yang telah dilalaui pada musim 2020 ini. Satu-satunya kekalahan yang diderita Valentino Wuwungan cs itu, saat menghadapi Pacific Caesar Surabaya di Seri II yang berlangsung di GOR C-Tra Arena, Bandung pertengahan Januari lalu dengan skor akhir 61-74.

Hasil ini membuat Pelita Jaya berada di urutan kedua klasemen sementara dengan mengoleksi 15 poin dari delapan laganya, tepat dibawah Timnas Indonesia yang menggunakan nama Indonesia Patriots, yang untuk sementara memuncaki klasemen sementara dengan mendulang 16 poin dari sembilan laga yang telah dilaluinya.