UEFA CHAMPIONS LEAGUE

Kontestan Saling Menakar Kekuatan di 16 Besar

Eka
Kontestan Saling Menakar Kekuatan di 16 Besar
Erling Haaland (ist)

Nyon, HanTer - Salah satu perhelatan bergengsi yang di tunggu-tunggu para penggila sepakbola dunia akan bergulir dalam waktu dekat. Sejumlah klub raksasa dari liga-liga Eropa akan baku hantam pada fase gugur, yakni babak 16 besar Liga Champions, 19 Februari mendatang.

Sebelum melangkah lebih jauh, tentu saja sejumlah klub raksasa terus menakar kekuatan mereka untuk menjadi yang terbaik saat mengarungi gelaran babak 16 besar Liga Champions musim ini. 

Berbagai kesebelasan telah memaksimalkan kesempatan untuk mendatangkan para pemain terbaik incarannya pada jendela transfer musim dingin ini. Salah satu keuntungan tentu saja berada pada kubu Borussia Dortmund.

Salah satu klub raksasa Bundesliga itu sukses mendatangkan salah satu pemain tersubur Eropa musim ini, yakni Erling Haaland dari Salzburg. Dimana Salzburg sendiri telah tersisih di fase penyisihan. Banyak yang bertanya, apakah Haaland di perbolehkan memperkuat Dortmund atau tidak?

Tentu UEFA selaku induk tertinggi sepakbola Eropa memberikan lampu hijau melalui pedoman regulasi mereka. Begitu pun dengan pemain lain, yang sebelumnya sempat tampil di Liga Champions dan kembali main dengan kesebelasan yang berbeda pada babak 16 besar.

Seperti yang telah terjadi selama beberapa musim, masing-masing kandidat Liga Champions UEFA dan Liga Europa UEFA diizinkan untuk mendaftarkan maksimal tiga pemain baru yang memenuhi syarat. 

Namun sejak musim lalu, tidak masalah lagi meskipun para pemain itu sudah bermain dalam kompetisi untuk klub lain, di turnamen yang sama, begitu pula sebaliknya. Terpenting, klub telah mendaftarkan rekrutan barunya paling lambat 3 Februari.

Dengan kata lain, bila ada kesebelasan yang baru mendatangkan pemain anyar saat ini, peluang untuk tampil di Liga Champions dipastikan tertutup. Alhasil, salah satu contoh seperti Haaland dipastikan bisa memperkuat Dortmund di babak 16 besar musim ini.