KUALIFIKASI PIALA DUNIA DAN AFF 2020

Shin Tae Yong Beralih Konsentrasi ke Timnas Senior

Eka
Shin Tae Yong Beralih Konsentrasi ke Timnas Senior
Shin Tae-yong (ist)

Jakarta, HanTer - Setelah memimpin tahap seleksi dan juga pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-19, Shin Tae Yong selaku juru taktik Timnas Indonesia mulai memutar konsentrasi dengan menjalani persiapan terhadap timnas senior.

Sebab sejumlah event internasional akan dijalani tim berjuluk Garuda. Diantaranya mengarungi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan juga persiapan menuju Piala AFF 2020.

Dalam waktu dekat, Indonesia akan bertandang ke markas Thailand pada 26 Maret mendatang pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Meski sudah kandas karena menelan lima kekalahan, Shin Tae Yong akan menunjukkan hasil yang bagus dalam tiga laga tersisa.

Namun dari tiga laga tersebut, Timnas Indonesia hanya sekali bermain saat melawan UEA. Sementara dua laga lainnya yaitu melawan Thailand dan Vietnam skuad Garuda akan menjadi tim tamu.

Setelah itu, konsentrasi kembali dipasang sang juru taktik jelang persiapan mengarungi Piala AFF 2020. Ini akan menjadi tantangan berat bagi Shin Tae Yong. Pasalnya ia ditargetkan mampu mengantar Garuda menembus babak final oleh federasi, dalam hal ini PSSI.

Bila performa Garuda beranjak positif, bukan tak mungkin Indonesia berpotensi memperbaiki peringkat di rangking FIFA. Apalagi PSSI menargetkan untuk memperbaiki peringkat dunia kembali ke 150 dunia. Saat ini peringkat Indonesia merosot drastis ke posisi 173 dunia.

Komjen Pol Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI mengatakan, semua program 2020 ini dipersiapkan untuk persiapan Timnas menuju piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Diperlukan untuk jangka panjang, PSSI mematok untuk bisa mengembalikan peringkat 70 dunia dalam empat tahun kedepan.