DAMPAK WABAH VIRUS CORONA

FIA Batalkan Gelaran Formula E di China

Eka
FIA Batalkan Gelaran Formula E di China
Adu balap Formula E (ist)

Jakarta, HanTer - Wabah virus Corona seolah 'menampar' pemerintah China. Berbagai sektor pun seakan mulai tidak berjalan. Di luar sektor industri yang berdampak pada ekonomi, serupa juga merambah ke sektor olahraga.

Terdekat dengan dibatalkannya gelaran adu balap Formula E yang rencananya akan bergulir di Negeri Tirai Bambu pada Maret mendatang. Akan tetapi, wabah virus Corona yang turut menggemparkan dunia, membuat FIA selaku federasi otomotif dunia memutuskan untuk membatalkan gelaran tersebut.

Panitia penyelenggara balap mobil elektrik itu akan membahas lebih lanjut dengan mitra regional dan otoritas setempat untuk membahas tanggal alternatif jika situasi membaik, demikian Formula E dan FIA dalam pernyataan resminya seperti dikutip Reuters, Minggu (2/2/2020) kemarin.

Sejatinya ajang balap tersebut merupakan seri keenam dari 14 di musim ini dan digelar pada 21 Maret di kota pesisir di Provinsi Hainan. Kini tinggal Seoul (Korea Selatan) pada Mei dan Jakarta pada Juni yang menjadi seri balapan di Asia tahun ini.

Keputusan untuk menunda tersebut untuk menjamin kesehatan dan keselamatan dari para staf, partisipan dan penonton. Mewabahnya virus yang menyerupai flu itu telah menewaskan lebih dari 300 orang dan menginfeksi lebih dari 14.000 orang di China setelah pertama kali diketahui muncul di Wuhan, di Provinsi Hubei akhir tahun lalu.

Hal itu juga menjadi ancaman bagi gelaran Formula 1 ketika balapan "jet darat" itu menyambangi Shanghai pada 19 April sebagai seri keempat dalam kalender yang terdiri dari 22 balapan tahun ini, rekor balapan terbanyak sepanjang masa.

"FIA akan mengevaluasi kalender dari balapan-balapan yang akan tiba, jika diperlukan, melakukan tindakan yang diperlukan untuk membantu melindungi komunitas balap dunia dan publik secara umum," kata federasi otomotif internasional itu.

Wabah virus corona juga telah berdampak pada pembatalan sejumlah ajang olahraga di China seperti misalnya kejuaraan dunia atletik indoor yang sedianya digelar di Nanjing apda 13-15 Maret, yang harus ditunda tahun depan.

Turnamen kualifikasi Olimpiade cabang olahraga bola basket, bulu tangkis, tinju, dan sepakbola juga ditunda, atau dipindahkan. Sedangkan turnamen golf LPGA Tour mundur hingga tahun depan.

Sebelumnya, Indonesia sendiri telah memberikan imbauan keras kepada seluruh stakeholder olahraga agar tidak mengirimkan atlet pada berbagai kejuaraan dalam kalender internasional yang berlangsung di China. Itu sebagai antisipasi terjangkitnya wabah Corona.

#Virus   #corona   #china   #wuhan   #olahraga   #formulae   #balap   #mobilelektrik