Stamina Garuda Muda Terus Ditempa di Thailand

Eka
Stamina Garuda Muda Terus Ditempa di Thailand
Shin Tae Yong berdiskusi dengan Indra Sjafri (ist)

Jakarta, HanTer - Memasuki hari kedelapan dalam menjalankan program latihan di Thailand, para pemain Timnas Indonesia U-19 terus mendapat tempaan dari tim pelatih, khususnya dari segi fisik. Itu dilakukan sebagai upaya untuk menguatkan stamina Garuda Muda, julukan Timnas U-19, yang tak kenal lelah saat bertanding selama 90 menit.

Tempaan fisik memang menjadi porsi utama dari Shin Tae Yong selaku pelatih Timnas Indonesia. Juru taktik berpaspor Korea Selatan itu menilai, hal tersebut merupakan salah satu kunci untuk membentuk kerangka terhadap ketangguhan Garuda Muda saat meladeni lawan-lawannya nanti.

Tak ayal bila dari awal mereka sampai di Thailand, Shin Tae Yong beserta tim pelatih yakni Gong Oh-kyun, Kim Hae-woon, Lee Jae-hong dan Yoo Jae-hoon, Indra Sjafri, Nova Arianto, dan juga Sahari Gultom memfokuskan latihan untuk peningkatan fisik 28 pemain yang mengikuti pemusatan latihan.

Beberapa laga latih tanding melawan tim-tim K-League 1 dan tim universitas sudah dijalani oleh tim ini. Format latih tanding pun selalu sama, yaitu 3x30 menit. Pertama, mereka bermain dengan salah satu klub Universitas, bernama Kyung Hee University. Dimana mereka harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 0-2. Kemudian, kedua, mereka bermain 0-4 melawan Seongnam FC.

Begitu juga saat melawan Busan IPark yang tahun ini baru saja promosi ke K-League 1, mereka bisa membuat satu gol, meski harus juga mengakui kekuatan tim lawan 1-5. “Progres positif terlihat disini, pemain terus berkembang. Pagi hari ini, kami mendapat kesempatan berlatih tanding lagi melawan Seongnam FC, kami bisa mencetak satu gol,” kata Shin.

Adalah Irfan Jauhari yang mencetak gol pagi tadi, di latihan tanding melawan Seongnam FC. Skor 1-4 menjadi penutup laga tersebut. Golnya, berawal dari tendangan penjuru, umpan pendek ke pemain yang bernama Irvan, lalu umpan lambungnya diselesaikan oleh sundulan Irfan Jauhari.

“Kepercayaan diri pemain semakin terlihat, daya juang mereka di atas lapangan telah diperlihatkan ke saya, seperti saya katakan beberapa waktu lalu, saya memang memerlukan pemain yang tak kenal lelah dalam setiap pertandingannya, untuk itu, kenapa saya terus melakukan latihan fisik selama pemusatan latihan. Selain pagi, sore kami juga terus berlatih. Tetap fokus ke latihan fisik," jelasnya.

Sebelumnya Timnas U-19 mendapatkan kesempatan untuk menguji kekuatan salah satu tim yang bermain di K League 1, Busan IPark. Masih dalam pemusatan latihan dengan format latih tanding yang berlangsung 3x30 menit, di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand, Senin (27/1/2020) lalu.

Itu merupakan latih tanding ketiga Amiruddin Bagas, dan kawan-kawan dalam pemusatan latihan tim nasional U19. Pertama, mereka bermain dengan salah satu klub Universitas, bernama Kyung Hee University. Dimana mereka harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 0-2. Kemudian, kedua, mereka bermain 0-4 melawan Seongnam FC.