PERSIAPAN PIALA ASIA U-16

Timnas U-16 Mulai Rasakan 'Virus' Positif Shin Tae Yong

Eka
Timnas U-16 Mulai Rasakan 'Virus' Positif Shin Tae Yong
Para pemain timnas Indonesia U-16 (ist)

Jakarta, HanTer - Kehadiran sosok Shin Tae Yong sebagai pelatih kepala di tubuh Timnas Indonesia mulai membawa virus positif pada Timnas kelompok umur. Salah satunya dirasakan Timnas Indonesia U-16. Hal tersebut diakui Bima Sakti Tukiman selaku juru taktik.

Menurut dia, kehadiran Shin Tae Yong yang akan menangani Timnas senior Indonesia, sekaligus menjadi pelatih suvervisi pada kelompok usia, seperti U-23, U-19 dan U-16 membawa angin segar bagi anak asuh Bima Sakti. Itu di perlihatkan setelah dirinya melihat perkembangan positif pasukannya.

Terbukti sejak berkoordinasi dan setelah melakukan apa yang dianjurkan oleh Shin Tae Yong, dia melihat timnya mampu menunjukkan perkembangan positif. Hasilnya terlihat jelas saat mengalahkan kampiun Soeratin U-17 PSBK Blitar.

Saat melakukan uji coba dua hari yang lalu, Timnas Indonesia U-16 mampu meraih kemenangan dengan skor 5-1. Tak hanya sampai distu, Bima mengakui jika hampir semua aspek yang dibutuhkan dalam sepak bola, anak asuhnya nampak mengalami perubahan yang signifikan.

“Tim mengandalkan kecepatan, kekuatan, dan juga determinasi tinggi. Kini sudah ada progres positif yang ditunjukan anak-anak,” katanya usai memimpin sesi latihan dalam pelatnas Timnas U-16 di Sidoarjo, Jawa Timur, seperti dikutip laman PSSI, Senin (27/1/2020) kemarin.

Namun begitu, Bima mengaku tidak berpuas diri dengan hasil yang ditorehkan anak asuhnya. “Usia U16 fisiknya berbeda, kami diberikan kesempatan Shin Tae Yong turun ke bawah. Dia memberikan informasi yang positif buat kami dan juga pelatih fisik, sehingga diatur sedemikian rupa,” ujarnya.

Alhasil saran dan kritik yang diberikan cukup banyak mengena bagi tim pelatih. “Yang menjadi filosofi taktik coach Shin, hampir sama 4-3-3, khas bertahan 4-5-1,“ ucapnya.

Diakui oleh Bima jika masukan dari sang pelatih mampu membuahkan hasil bagi timnya. Mereka pun tidak dapat santai, pasalnya tim ini dipersiapkan untuk menjalani turnamen akbar di Piala Asia U-16 yang akan berlangsung pada September mendatang.