Tekuk AS Roma 3-1, Juventus Rebut Tiket Semifinal Copa Italia

Ant
Tekuk AS Roma 3-1, Juventus Rebut Tiket Semifinal Copa Italia

Jakarta, HanTer - Juventus menyingkirkan AS Roma 3-1 untuk merebut tiket semifinal Coppa Italia dalam pertandingan perempat final Piala Italia di Stadion Allianz, Turin, Rabu setempat (Kamis dini hari WIB).

Bianconerri selanjutnya bertemu AC Milan atau Torino pada semifinal, demikian dilansir laman resmi kompetisi.

Ketiga gol Juve tercipta pada babak pertama yang disumbangkan oleh Cristiano Ronaldo (26'), Rodrigo Bentancur (38'), dan Leonardo Bonucci (45'). Sedangkan satu-satunya gol balasan Roma tercipta akibat gol bunuh diri Gianluigi Buffon (50').

AS Roma mengancam terlebih dahulu melalui Justin Kluivert, namun tembakannya belum merepotkan kiper Gianluigi Buffon. Justru Juve yang membuka keunggulan melalui serangan balik. Gonzalo Higuain mengirim bola panjang kepada Ronaldo di sisi kiri, dan penyelesaian sepakan kaki kiri pemain Portugal itu bersarang ke sudut bawah gawang Roma dari sudut sempit.

Gol tersebut merupakan gol ke-13 Ronaldo dari sepuluh pertandingan kompetitif terakhirnya untuk Juventus.

Juve kembali meneror gawang tim tamu melalui sepakan melebar Danilo. Rodrigo Bentacur kemudian menggandakan keunggulan Boanconerri, saat ia mulai berlari dari lapangan tengah, bekerja sama dengan Douglas Costa, dan melakukan penyelesaian ke arah tiang jauh.

Pasukan Maurizio Sarri memastikan mereka menuju turun minum dengan keunggulan tiga gol. Dari situasi tendangan sudut, bola dapat disundul Leonardo Bonucci dengan mematahkan perangkap offside Roma. 3-0 untuk Juventus.

Roma memiliki dua peluang bagus untuk membuka babak kedua. Pertama melalui upaya solo Lorenzo Pellegrini yang masih dapat ditepis Gianluigi Buffon, dan selanjutnya sepakan Nikola Kalinic menyambut bola pantul yang belum tepat sasaran.

Beberapa saat kemudian, tiang gawang Roma bergetar saat Higuain menyundul bola kiriman Ronaldo dari sisi kanan.

Roma berusaha bangkit pada babak kedua, dan mereka mampu menguasai permainan. Tim ibukota akhirnya mampu menyamakan kedudukan saat sepakan Cengiz Under mengenai bagian bawah mistar gawang, membentur punggung Buffon dan masuk ke dalam gawang tuan rumah.

Giallorossi hampir mengubah skor menjadi 3-2 pada menit ke-56 saat operan Mancini mengarah akurat ke Florenzi di sisi kiri, namun Kali ini Buffon mampu keluar tepat waktu dari gawang untuk memblok bola dengan kakinya.

Sisa pertandingan berlangsung sengit. Sepakan voli Higuain menyambut umpan silang Cuadrado mengarah lurus ke kiper Pau Lopez. Di sisi lain, Daniele Rugani masih mampu menyundul bola untuk menggagalkan peluang Kalinic.

Aleksandar Kolarov berpikir ia telah mencetak satu gol hiburan bagi Roma, namun sundulannya masih dapat ditahan Buffon.