Sambangi Sirkuit Sang Profesor, Zainudin Amali Apresiasi Pembangunan Sirkuit di Gorontalo

Hermansyah
Sambangi Sirkuit Sang Profesor, Zainudin Amali Apresiasi Pembangunan Sirkuit di Gorontalo
Menpora Zainudin Amali, bersama dengan atlet balap motor Gorontalo di Sirkuit Sang Profesor, Limboto

Gorontalo, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainuddin Amali mengapresiasi inisiatif Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang membangun Sirkuit Sang Profesor, di area hutan kota Gorontalo yang berlokasi di Bongohulawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Sirkuit ini begitu membanggakan bagi warga setempat, karena dengan sarana prasarana yang baru satu tahun ini telah mampu meloloskan 3 kelas balap pada PON ke-20 pada Oktober mendatang.

"Sirkuit ini adalah satu hal yang membanggakan masyarakat Gorontalo secara keseluruhan dan Kabupaten Gorontalo secara khusus, dimana Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mau membangunnya," ujar Menpora Zainudin Amali di Gorontalo, Rabu (22/1/2020).

Lebih lanjut politisi Partai Golkar itu mengatakan bahwa sirkuit tersebut menjadi salah satu arena balap yang baik jika sudah tertata, karena jauh dari pemukiman. Ia pun meminta jika tempat itu sudah ramai agar tidak dibangun pemukiman warga, sehingga di sirkuit tersebut, para pebalap dapat dengan leluasa dan berkonsentrasi saat melakukan balapan.

"Nanti akan dibangun tribun untuk penonton, saya sudah sepintas melihat gambarnya," ujarnya.

Menpora juga memberikan apresiasi kepada Nelson Pomalingo atas upayanya untuk membangun ekosistem olahraga di daerah itu. "Saya juga tadi sudah diserahkan proposal, baik untuk Gelanggang Olahraga, sirkuit dan fasilitas olahraga. Sekali lagi pemerintah Pusat mengapresiasi atas upaya dan inisiatif seperti ini," tambah Menpora.

Ia mengungkapkan bahwa tidak banyak Pemerintah Daerah seperti Nelson Pomalingo yang berkomitmen membangun olahraga. "Tadi saya tanya, apakah Bupati suka balap, jawabannya ternyata tidak, tapi dia mau membangun sirkuit untuk masyarakat guna menyalurkan bakat dan minatnya, ketimbang melakukan balap di jalan raya dengan resiko kecelakaan yang tinggi. Tidak banyak pemimpin seperti dia (Nelson). Biasanya kalau pemimpin itu tidak berminat dengan suatu hal, maka dia tidak akan mendukung hal tersebut. Tapi Nelson tidak demikian," tegasnya.

Ia berharap, pemerintah setempat merampungkan pembangunan sirkuit itu. Ia juga berjanji akan mendukung program Pemkab Kabgor terkait pembangunan sirkuit balap itu. “Saya akan terus mendukung upaya pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk terus merampungkan pembangunan sirkuit ini. Semoga dengan dibangunnya sirkuit ini, Gorontalo nantinya dapat melahirkan pembalap-pembalap handal,” pungkas Amali.

Sirkuit yang baru dibangun sejak setahun lalu, akan terus melengkapi fasilitas untuk memenuhi standard yang ditentukan oleh IMI dan federasi internasional. "Sirkuit ini baru dibangun setahun yang lalu dan akan meminta IMI untuk supervisi agar memenuhi standard," tutur Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Hermansyah