TATAP OLIMPIADE 2020

Sapwa Selangkah Menuju Tokyo

Eka
Sapwa Selangkah Menuju Tokyo
Sapwaturrahman (ist)

Jakarta, HanTer - Atletik berpotensi besar menurunkan banyak atletnya pada Olimpiade Tokyo 2020. Selain Lalu Muhammad Zohri di nomor sprinter, tentu saja ada satu nama yang selangkah lagi melangkah ke kejuaraan multi event empat tahunan sejagat di Negeri Sakura itu. Dia adalah Sapwaturrahman.

Atlet lompat jauh putra Indonesia itu tinggal selangkah lagi menggenggam tiket untuk tampil ke ajang Olimpiade Tokyo tahun ini. Sapwa, sapaannya, hanya membutuhkan lompatan sejarak 20 centimeter lagi guna menembus limit Olimpiade sepanjang 8,22 meter di nomor tersebut.

Sapwa mempunyai catatan terbaik yakni dengan membukukkan lompatan 8.09 meter yang ia raih saat tampil di ajang Asian Games 2018. Dimana saat itu, Sapwa meraih medali perunggu pada kejuaraan multi event bergengsi empat tahunan tingkat Asia yang berlangsung di Indonesia. 

"Saya yakin kejar limit tampil di olimpiade yakin. Limit olimpiade 8,22 meter, (lompatan terbaik) saya 8,09 meter, terakhir 8,03 meter. Intinya saya hanya butuh sejengkal lagi terpaut 20 cm kalau mau main aman," ujar Sapwa di sela-sela latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (21/1/2020) kemarin.

Demi mencapai target tersebut, Sapwa akan masih harus mengikuti beberapa kejuaraan yang masih akan berlangsung hingga Juni nanti. Terdekat, dia akan turun di ajang Kejuaraan Asia Atletik Indoor di Nanjing, China pada 12-13 Februari mendatang.

Ia bertekad mencetak sejarah menjadi perwakilan atlet dari cabang atletik yang pertama kalinya tampil di pesta olahraga terakbar di dunia itu bersama rekannya, Lalu Muhammad Zohri.

"Saya yakin kejar limit, tampil di olimpiade yakin. Intinya kan pengin cetak sejarah bersama coach di atletik karena di atletik belum pernah ada (tampil di olimpiade)," ujar pria berusia 25 tahun itu.