PERSIAPAN PIALA DUNIA U-20/2021

Timnas U-19 akan Jalani Pelatnas Lintas Negara

Eka
Timnas U-19 akan Jalani Pelatnas Lintas Negara
Mochamad Iriawan melepas keberangkatan Timnas U-19 ke Thailand di Bandara Soetta (ist)

Jakarta, HanTer - Proyek jangka panjang terus di godok Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), khususnya untuk mendongkrak performa para pemain Timnas Indonesia U-19. Setelah menjalani tahap seleksi selama satu pekan, kini dengan kekuatan 28 pemain, skuad berjuluk Garuda Muda mulai menerbangkan sayap ke Thailand.

Di Negeri Gajah Putih, mereka akan kembali mendapat tempaan dari staf pelatih dibawah komando asuhan Shin Tae Yong. Di jadwalkan, Timnas U-19 akan berada disana selama 12 hari untuk menjalani sejumlah porsi latihan beserta ujicoba dengan beberapa kesebelasan lokal guna melihat grafik permainan sekaligus jam terbang.

Selain ke Thailand, kedepan PSSI juga mengagendakan Timnas Indonesia U-19 akan melangsungkan training camp (TC) di beberapa negara, baik wilayah Asia maupun Eropa. Sejumlah negara yang akan mereka singgahi, diantaranya, Jepang, Korea Selatan, Italia dan Jerman. Tentu saja langkah itu ditempuh guna mendapat performa tinggi jelang sambut Piala Dunia 2021.

Dimana di tahun itu, Indonesia dipercaya FIFA selaku federasi sepakbola tertinggi dunia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20. Dan di tahun tersebut, tentunya tuan rumah akan diperkuat skuad yang saat ini memperkuat Timnas Indonesia U-19. Hal tersebut dikatakan Komjen Pol Mochamad Iriawan alias Iwan Bule selaku Ketum PSSI saat melepas Garuda Muda terbang ke Thailand.

Iwan Bule menilai, dengan merasakan atmosfer latihan dan pertandingan di negara-negara itu, timnas U-19 secara mental dan fisik siap berlaga di Piala Dunia U-20. Terdekat, lanjut dia, Garuda Muda akan terbang ke Jepang pada Februari 2020. 

"Secara infrastruktur, negara-negara tersebut siap menerima timnas kita. Dengan demikian, timnas U-19 akan mempersiapkan diri di negara ASEAN, Asia dan Eropa," kata dia di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (20/1/2020) kemarin.

Demi tampil menggigit di Piala Dunia U-209 2021, yang diikuti 24 negara termasuk Indonesia sebagai tuan rumah, PSSI terus menyiapkan skuat dengan para pemain pilihan. Mereka dipimpin manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong.

Dari hasil seleksi perdana pemain timnas U-19 pada 13-17 Januari 2020 di Cikarang Timur, Jawa Barat, PSSI sudah menemukan 28 pemain yang dibawa ke Thailand untuk menjalani TC. Akan tetapi, komposisi belum tetap karena masih terus dilakukan promosi dan degradasi untuk menemukan kerangka terkuat dari tim.

Sebelum berkompetisi di Piala Dunia U-20 2021, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19, yang waktunya belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 yang digelar pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Garuda Muda berangkat ke Thailand dengan menumpang pesawat Thai Airlines pada pukul 13.05 WIB dari Bandara Soekarno Hatta. Program latihan akan dimulai pada hari Selasa. Rencananya timnas U19 akan menjalani laga uji coba dengan tim asal Korea Selatan yang kebetulan juga sedang trial di sana. 

#PSSI   #TIMNASU19   #TC   #PELATNAS   #SHINTAEYONG   #ASIA   #JEPANG   #EROPA   #PIALADUNIAU20   #2021