Bulutangkis

Tuan Rumah Segel Juara Umum di Indonesia Masters 2020

Eka
Tuan Rumah Segel Juara Umum di Indonesia Masters 2020
Anthony Sinisuka Ginting (ist)

Jakarta, HanTer - Berstatus sebagai tuan rumah, Indonesia berhasil menyandang status sebagai juara umum pada ajang salah satu kejuaraan bulutangkis bergengsi dunia bertajuk Indonesia Masters yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (19/1/2020) kemarin.

Dalam lima nomor yang di pertandingkan, Indonesia mampu merajai tiga nomor, yakni tunggal putra, ganda putra dan ganda putri. Pada nomor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting sukses menaklukkan pebulu tangkis unggulan keempat asal Denmark Anders Antonsen dalam tiga gim dengan skor 17-21, 21-15, 21-9.

Ginting menjadi pemain yang memberikan gelar ketiga bagi Indonesia. Ia berhasil mengandaskan Anders Antonsen. Pada set pertama, Ginting sedikit sulit meladeni permainan dari Antonsen. Bahkan, pria asal Cimahi tersebut acap kali membuat kesalahan sendiri. Walhasil ia harus mengaku keunggulan Antonsen pada set pertama dengan skor 17-21.

Memasuki set kedua, Ginting mulai menemukan permainan terbaiknya. Ia tampil lebih sabar dan disiplin. Hak itu membuat Antonsen mulai keteteran. Hasilnya, Ginting memaksa pertandingan harus dilanjutkan ke rubber set lantaran menang 21-15 pada set kedua ini.

Pada set ketiga, Ginting semakin digdaya. Ia terus menguasai jalannya pertandingan dan berhasil mendikte permainan Antonsen. Hasil akhir pun berhasil dimenangkan oleh Ginting dengan skor 20-9.

Hasil ini membuat Anthony Sinisuka Ginting berhasil membukukan kemenangan perdananya di ajang BWF Tour pada 2020, sekaligus membuat Indonesia jadi juara umum di ajang tersebut tahun ini karena berhasil mengoleksi tiga gelar di turnamen BWF Super 500 ini.

"Puji Tuhan saya bisa menyelesaikan permainan dengan baik, saya ucapkan terima kasih kepada yang sudah mendukung dan bantu doa. Tadi di game pertama Antonsen bermain di tempo dia dan lebih inisiatif menyerang," kata Ginting.

"Masih banyak yang harus diperbaiki, tapi saya puas sama penampilan saya seminggu ini. Saya bisa mengatasi lawan dengan baik. Saat di game kedua saya di atas angin, saya bisa keluar dari tekanan setelah kalah di game pertama, ini yang bikin saya puas," lanjutnya.

Anthony juga mengungkapkan kegembiraannya akhirnya ia bisa tembus meraih gelar juara setelah lima kali gagal di final pada tahun lalu. "Jujur saya senang banget, apalagi ini di rumah sendiri bisa juara. Gelar ini sangat berarti buat saya, saya lebih termotivasi, lebih semangat lagi untuk mengejar ke olimpiade," ucap dia.

Sedangkan di ganda putri, pasangan putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dengan penuh perjuangan mengalahkan pasangan Denmark Maiken Fruergaard/Sara Thygesen secara rubber game dengan kedudukan 18-21, 21-11, 23-21.

Gelar juara di sektor ganda putra diraih melalui pertarungan dua wakil Indonesia, yaitu Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Laga perang saudara yang bergulir selama 32 menit itu pun dimenangkan oleh The Minions setelah menundukkan Ahsan/Hendra dalam dua gim langsung dengan skor 21-15, 21-16.

Sementara itu, tidak ada wakil Indonesia di dua sektor lainnya, yaitu tunggal putri dan ganda campuran. Pemain unggulan asal Thailand Ratchanok Intanon keluar sebagai pemenang tunggal putri usai menyingkirkan atlet spanyol Carolina Marin dengan hasil 21-19, 11-21, 21-18.

Pada ganda campuran yang diisi oleh dua wakil dari China, dimenangi unggulan pertama Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong yang mengalahkan unggulan kedua Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping dengan skor 21-9, 21-9 hanya dalam waktu 25 menit.

Setelah Indonesia Masters 2020, rangkaian turnamen BWF Super Series selanjutnya yang akan dihelat yaitu Thailand Masters Super 300 di Bangkok, Thailand mulai 21-16 Januari 2020.

DAFTAR JUARA INDONESIA MASTERS 2020
Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)
Tunggal Putri: Ratchanok Intanon (Thailand)
Ganda Putra: Kevin Sanjaya / Marcus Gideon (Indonesia)
Ganda Putri: Greysia Polii / Apriyani Rahayu (Indonesia)
Ganda Campuran: Zheng Si Wei / Huang Ya Qiong (China)