KOMPETISI LIGA INGGRIS

Liverpool Makin Kokoh Tatap Juara

Eka
Liverpool Makin Kokoh Tatap Juara
Virgil van Dijk menjadi pemecah kebuntuan Liverpool (ist)

Liverpool, HanTer - Posisi Liverpool makin kokoh di puncak klasemen setelah tim asuhan pelatih Juergen Klopp mampu menumbangkan Manchester United dengan skor akhir 2-0 dalam lanjutan kompetisi Premier League pekan ke-23 yang berlangsung di Anfield Stadium, Senin (20/1/2020) dini hari WIB..

Ya, tiga angka yang didapat The Reds, jululukan Liverpool membuat perolehan poin mereka sulit dikejar para pesaing yang membuntuti dibelakangnya, khususnya Manchester City. Sebab kemenangan menambah pundi anga mereka dengan mendulang 64 poin dari 22 laga yang telah dilalui.

Adalah Virgil van Dijk dan Mohamed Salah yang masing-masing mencetak satu gol untuk mengantarkan Liverpool membungkam tamunya Manchester United dengan skor 2-0 dalam laga pekan ke-23 Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Kedua gol itu bukan saja memperpanjang performa gemilang Liverpool tetapi juga membuat tim besutan Juergen Klopp itu kini mengantungi 64 poin untuk memperlebar keunggulan dalam persaingan gelar juara menjadi 16 poin dari Manchester City, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Sedangkan Manchester United (34) tertahan di urutan kelima, gagal memanfaatkan kesempatan untuk memangkas jarak dari empat besar menyusul kekalahan Chelsea sehari yang lalu.

Manchester United tiba di Anfield diberkahi satu alasan yang bisa dijadikan kambing hitam jika kalah, yakni absennya pemain tersubur mereka Marcus Rashford dan Liverpool tak memberi ampun poin cuma-cuma laiknya di Old Trafford beberapa bulan lalu.

Pertandingan awalnya tampak berimbang meski tim tamu cukup kesulitan menembus pertahanan Liverpool ketika mengendalikan bola, namun keberimbangan itu segera raib ketika sepak pojok Trent Alexander-Arnold ditanduk Van Dijk untuk membuka keunggulan pada menit ke-14.

Van Dijk mengambil ancang-ancang dari dekat garis kotak penalti sebelum menerobos dan menaklukkan bek termahal di dunia, Harry Maguire, dalam duel udara demi menyarangkan tandukan keras yang tak memberi kesempatan kiper David de Gea melakukan penyelamatan.

Selain itu, kemenangan yang diraih Liverpool kian membuka asa mereka untuk mengejar gelar juara Premier League. Sebab hasil positif yang dipetik The Reds membuka asa mereka meraih gelar juara. Pasalnga skuad Klopp unggul 16 poin dari Manchester City selaku pesaing terberat musim ini.

"Sungguh sebuah kinerja bagus saat melawan lawan dengan kualitas seperti United. Dan terpenting adalah Liga Premier. Kami akan bermain melawan Wolves pada Kamis, dan ini tantangan luar biasa kami berikutnya. Saya tidak punya cukup ruang di otak saya untuk renungkan hal lain," pungkas Klopp.